10 Fakta Unik Terkait Pangeran Al Waleed Al Talal

Baru-baru ini Pangeran Al Waleed Al Talal membuat pengumuman penting terkait masalah warisan atas hartanya yang berlimpah. Sang pangeran memutuskan kelak akan mewariskan seluruh harta kekayaannya untuk jalan kemanusiaan. Termasuk peningkatan pelayanan kesehatan, pemahaman lintas budaya dan agama, modernisasi kemanusiaan atas nama kebaikan serta memperkuat peranan kaum perempuan di berbagai bidang.

Apa yang membuat beliau menjadi pribadi yang unik di mata dunia? Berikut 10 diantaranya :

1. Pangeran Al Waleed Al Talal berdarah Saudi. Di mana pemerintahan Arab Saudi dikenal secara umum memiliki banyak aturan yang dianggap mengekang kebebasan perempuan. Misalnya, perempuan tidak boleh menyetir mobil sendiri dengan atau tanpa dampingan siapa pun.

2. Tidak hanya itu. Predikat pangeran didapatkannya karena Al Waleed merupakan cucu dari King Saud sekaligus keponakan dari King Abdullah. Ayahnya sendiri pernah menjabat dalam kementrian di Pemerintahan Saudi sebelum diasingkan karena kasus tertentu.

Pangeran  Al Waleed

Pangeran Waleed Al Talal (gambar : www.forbes.com)

3. Pangeran Al Waleed memberikan beasiswa bagi Hanadi Zakaria Al-Hindi untuk menuntaskan pendidikan penerbangannya. Hanadi adalah seorang perempuan asli Saudi. Lulus dari sekolah penerbangan, Hanadi bekerja menjadi supir pribadi pesawat jet kepunyaan Al Waleed. Sekaligus menjadi perempuan Saudi pertama yang memiliki lisensi pilot pesawat jet komersial.

Cukup ironis mengingat Hanadi tetap tidak boleh menyetir mobilnya sendiri. Walau sanggup menerbangkan pesawat jet, Hanadi tetap menggunakan supir pribadi dalam berkendara di darat dalam wilayah Saudi.

Pangeran Al Waleed

Hanadi Zakaria (gambar : www.saudigazette.com.sa)

4. Pangeran Al Waleed   dijuluki “Arabian Warren Buffet” karena ketajamannya dalam berinvestasi yang sering menuai kesuksesan besar di bidang finansial. Kekayaannya sebagian besar diperoleh dari kemampuan bisnisnya yang cemerlang, tidak semata-mata mengandalkan posisinya sebagai anggota kerajaan dari negeri yang berlimpah minyak.

5. Majalah Forbes pernah menobatkannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Peringkat 34 di tahun 2015.

6. Di saat yang sama, Majalah Forbes juga mendapuk sang pangeran sebagai orang kaya no.1 di Arab Saudi. Juga menduduki posisi puncak sebagai orang paling kaya di seantero Timur Tengah.

7. Pangeran Al Waleed al Talal pernah menikahi Princess Ameera al-Taweel. Dalam kehidupan sehari-harinya, Princess Ameera tidak mengenakan pakaian khas abaya yang merupakan kewajiban bagi perempuan Saudi saat berada di tempat umum. Al Waleed sama sekali tidak mempermasalahkan hal ini.

Pernikahan ini hanya berlangsung sekitar 2 tahun. Mereka bercerai di penghujung tahun 2013. Walau begitu, Al Waleed tetap menganggap Princess Ameera sebagai perempuan yang akan dihormatinya seumur hidupnya.

Pangeran  Al Waleed

Princess Ameera Al-Taweel (gambar : www.listal.com)

8. Pangeran Al Waleed al Talal membiayai sebuah proyek sosial bertajuk “Moslem-Christian Understanding” di Georgetown University. Hal ini termasuk unik mengingat beliau berasal dari Arab Saudi yang terkenal cukup ‘konservatif’ dalam urusan beragama.

9. Sebelum menghebohkan dunia dengan keinginannya mewariskan seluruh hartanya untuk jalan kemanusiaan, Pangeran Al Waleed al Talal sudah banyak menyumbangkan hartanya untuk beramal.

Di tahun 2002, membantu proses pembangunan kembali Palestina pasca serangan Israel ke Tepi Barat dan Jenin. Menyumbangkan sekitar 17 juta dolar kepada korban tsunami di kawasan perairan Hindia di akhir 2014 silam. Serta berbagai bantuan kemanusiaan lainnya termasuk mendirikan pusat studi Islam di berbagai negara-negara Eropa dan Amerika.

10. Pangeran Al Waleed sangat mengagumi Raja Abdullah yang dianggapnya sebagai reformis bagi Arab Saudi. Salah satu gebrakan Raja Abdullah adalah pendirian KAUST, King Abdullah University of Science and Technology.

KAUST mengundang pelajar-pelajar dari seluruh wilayah di dunia untuk datang dan belajar di KAUST dengan jumlah beasiswa yang cukup besar dan fasilitas yang cukup mewah. Hal menarik dari KAUST, dalam lingkungan kompleks kampus, aturan khas Saudi tidak berlaku.

Pangeran Al Waleed

Kampus KAUST yang modern dan megah (gambar : web.stanford.edu)

Ini dilakukan agar siswa siswi dari negara mana pun bisa nyaman belajar di sana. Walau mengundang tidak sedikit kontroversi dari beberapa pihak di Arab Saudi, keputusan ini sangat didukung oleh Al Waleed.

***

Demikianlah hal-hal unik tentang sang pangeran dari Negeri Penjaga 2 Kota Suci ini.  Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari pribadi sang pangeran yang bagaikan 2 sisi mata uang. Mari mengambil hikmah positif.

Sumber :

1. Profil Al Waleed Al Talal

2. Majalah Forbes edisi orang terkaya di Timur Tengah

3. Profil Al Waleed Al Talal di Majalah Forbes

***

 

11 thoughts on “10 Fakta Unik Terkait Pangeran Al Waleed Al Talal

  1. Kalau nama memang beda budaya suka beda makna, Mbak. Nama Farhat misalnya. Kalau di kita kan umumnya laki-laki. Ada 2 orang temanku perempuan di sini asal Pakistan yang namanya Farhat :D.

  2. saya cuma pengen tau, bisa tidak kita mendapatkan suntikan dana dari Pangeran Alwaleed untuk modal kita buka usaha, bagaimana caranya bisa berhubungan dengan Pangeran Alwaleed?????

  3. di mata saya belum tentu sosok orang dermawan kalau belum bebagi dengan saya yang hidup miskin walaupun harta pangeran berlimpah ruah kalau tuan belum berbagi dengan saya

  4. Saya pingiiin sekali di kasih bantuan dari pangeran untuk membayar hutang2 saya bilamana pangeran berkenan untuk membantu saya ini no rek saya 008401063897507 a/n syarifudin
    Terimakasih

  5. Tolong lebih di baca lagi biografinya later belakang Hal apa Aja yang sudah beliau lakukan , jangan hanya membaca satu sumber untuk menyimpulka Sesuatu , sekian

Comments are closed.