5 Wisata Arab Saudi Selain Mekkah dan Madinah

Wisata Arab Saudi : Arab Saudi, Sang Negeri Penjaga 2 Kota Suci umat muslim, Mekkah dan Madinah. Kedua kota ini menjadi magnet penting bagi para pendatang, jemaah haji dan umrah, dari berbagai penjuru negeri.

Namun, Negeri Gurun satu ini juga memiliki banyak tempat lain yang unik selain kota Mekkah dan Madinah. Beberapa diantaranya :

1. Madain Saleh / Al Hijr

Terletak di Kota Al Ula, berjarak 400 km dari Kota Madinah, tempat ini dinobatkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh badan UNESCO di tahun 2008. Nama resmi tempatnya adalah Al Hijr. Namun, lebih dikenal sebagai Madain Saleh. Karena dianggap pernah menjadi tempat bermukimnya kaum Nabi Saleh, kaum Tsamud.

Wisata Arab Saudi Madain Saleh, bangunan terpahat di perbukitan batu, foto : Dani Rosyadi
Madain Saleh, bangunan terpahat di perbukitan batu, foto : Dani Rosyadi

Jejak sejarah yang kini masih bisa ditemukan di tempat ini mayoritas berasal dari Kaum Nabatean yang hidup sekitar abad 1 Masehi. Bangunan-bangunan yang dipahat di perbukitan batu, dengan cara tradisional yang hanya memanfaatkan sebilah kayu dan bantuan air, masih kokoh berdiri. Sebagian berfungsi sebagai tempat tinggal, kuburan, tempat pemujaan dsb.

Bangunan batu yang dikelilingi padang pasir juga menjadi ciri khas dari Madain Saleh. Tempat ini bisa dinikmati tanpa membayar biaya masuk sama sekali.

Wisata Arab Saudi Bangunan di perbukitan batu diantara padang pasir, foto : Dani Rosyadi
Bangunan di perbukitan batu diantara padang pasir, foto : Dani Rosyadi

2. Kota Thaif

Hanya butuh sekitar sejam untuk menjangkau tempat ini jika mengendarai mobil/bus dari Kota Mekkah. Letaknya yang berada di atas perbukitan batu tak perlu membuat gentar para pendatang. Karena sebuah jalan tol dengan sejumlah pengamanan untuk melindungi para pengemudi telah rampung dibangun sejak lama.

Tebing-tebing di sisi jalan diberi pembatas kawat untuk menghindari bebatuan yang mungkin jatuh. Sisi lembah seluruhnya dilindungi pembatas beton. Dua jalur  dipisahkan oleh pagar pembatas untuk menghindari tubrukan dengan mobil dari arah yang berlawanan.

Saat malam tiba, jalan tol berhias lampu-lampu jalanan terang benderang. Perjalanan mendaki menuju Thaif saja sudah merupakan pengalaman seru tersendiri.

Wisata Arab Saudi Thaif Highway, foto : Adwin Zulfikar
Thaif Highway, foto : Adwin Zulfikar

Karena terletak di dataran tinggi, kotanya cukup hijau dan sejuk. Ada beberapa taman berumput hijau sebagai tempat untuk menggelar tikar dan bersantai. Banyak penjual buah-buahan segar di sisi jalan di pintu gerbang kota. Thaif melambangkan sisi lain wilayah Arab Saudi yang ternyata tak semuanya didominasi oleh tanah gersang dan padang pasir.

Wisata Arab Saudi Kota Thaif

3. Pantai Thuwal

Sebagian wilayah Arab Saudi bersisian langsung dengan Laut Merah. Sehingga tak cuma padang pasir yang menjadi ciri khas alam negeri ini. Pantai-pantai pun berjajar di sepanjang pesisir barat Arab Saudi. Salah satunya adalah Pantai Thuwal yang terletak di Kota Thuwal.

Berjarak sekitar 80 km di sebelah utara Kota Jeddah, pantai Thuwal dibuka untuk umum secara gratis. Pantainya terletak di wilayah teluk, airnya cukup tenang tanpa banyak ombak.

Fasilitas di Pantai Thuwal tergolong lengkap. Kamar mandi umum berjumlah cukup memadai. Petugas lalu lalang menjaga kebersihan di area pantai.

Wisata Arab Saudi Pantai Thuwal, foto : Dani Rosyadi
Pantai Thuwal, foto : Dani Rosyadi

4. Padang Badar

Kota Badar pernah bersaksi terhadap salah satu peperangan penting bagi umat Islam di masa awal dahulu. Tempat ini menjadi lokasi dari perang besar pertama sejak umat muslim hijrah dari Mekkah ke Madinah, Perang Badar. Saat itu, dengan jumlah pasukan yang jauh lebih sedikit, umat muslim sanggup memenangkan pertarungan.

Badar Arab Saudi

Padang Badarnya sendiri  mengelilingi hampir seluruh wilayah Kota Badar. Sejauh mata memandang hanya ada tumpukan pasir halus yang berbukit-bukit. Sebaiknya jangan mengunjungi Padang Badar saat puncak musim dingin. Anginnya sangat kencang dengan suhu sangat rendah.

Padang Badar bisa ditempuh selama berkendara sekitar satu jam dari Kota Madinah.

5. Al Baha

Tempat ini bisa dicapai dengan menyetir mobil sekitar 3-4 jam dari Kota Jeddah. Letaknya di dataran tinggi sehingga suhunya terkenal dingin. Dikelilingi oleh banyak hutan dan perbukitan, suhu tertinggi di Al Baha jarang mencapai 30 derajat celcius. Kontras dengan wilayah lain di Arab Saudi yang sangat terik di musim panas.

Wisata Arab Saudi Al Baha, foto : Wibowo Pujokongko Adi
Al Baha, foto : Wibowo Pujokongko Adi

Tempat ini menjadi tempat peristirahatan di musim panas bagi para pemukim di berbagai wilayah Arab Saudi karena suhunya yang sejuk. Sebuah taman, Ragadan Park, di salah satu tepian lembahnya menjadi salah satu destinasi wisata Arab Saudi yang utama di wilayah Al Baha.

Ragadan Park, Al Baha, foto : Wibowo Pujokongko Adi
Ragadan Park, Al Baha, foto : Wibowo Pujokongko Adi

Bagaimana? Tertarik untuk ikut menjelajahi 5 wisata Arab Saudi selain pesona dua kota suci Mekkah dan Madinah?

 

5 comments
  1. Mupeng sangat pas lihat Al Hijr. Hope someday I will have my footprint there, mak ^_^

    1. Al Hijr ini agak mirip dengan Petra di Yordania sih. Malah bagusan versi yang di Petra hehehe. Sure, you’ll be there someday, Mak ^_^. Aamiin.

  2. Subhanalllah Indah Sekali

  3. Ke-lima tempatnya cakepppsss mbak. Dari bangunan kuno, padang gurun, bukit sampai pantai. Eh btw, di tempat2 wisata dikawal polisi syariah nggak mbak?

    1. Enggak 😀

Comments are closed.