Memori Ayam Goreng Tepung Al Baik

Ingat tanah suci, ingat Ka’bah, juga ingat … ayam goreng tepung Al Baik! :D.

al baik

Al Baik, si ayam goreng tepung, tenar abis di Kota Jeddah. Sebelum saya menginjakkan kaki di kota Jeddah, suami saya sudah sering banget mengelu-elukan si ayam goreng tepung yang satu ini. Padahal biasanya suami kurang suka dengan segala menu-menu an yang berupa ayam. Ini pasti ada apa-apanya nihhhh *memicingkanMata*.

Jadilah baru 2 hari menghirup udara Jeddah, di suatu malam, diajaklah saya ke Serafi Mall, khusus buat icip-icip si Al Baik ini. Pas di food court, melihat antriannya yang panjang, saya cukup optimis saya bakal suka ama Al Baik ini. Tapi setelah nyobain …eng ing eng…. enggak ngerti enaknya dimana, mungkin selera saya yang kurang pasaran :D.

Sumpah boooo, masih lebih enak KFC :p.

Al Baik ini sendiri adalah sejenis fast food seperti KFC / McDonalds itulah. Tidak semua kota di Saudi menyajikan si AL Baik ini. Hanya ada di Makah, Jeddah, Madinah, Yanbu, dan Thaif. Di kota Jeddah ini, saking tenarnya, cabangnya ada sekitar 20 an. Tersebar di berbagai mal dan gerai yang stand alone.

Di Saudi wilayah lain tidak ada. Di ibukota Saudi, Riyadh, juga tidak ada. Pernah ada selentingan kabar, Al Baik dilarang buka cabang di luar pesisir barat Saudi. Katanya sih, ada keluarga kerajaan yang hendak membeli kepemilikan Al Baik tapi ditolak. Jadinya Al Baik hanya boleh jualan di Jeddah dan sekitarnya. Gosip nih yeeeee hihihi.

Al Baik di Mekkah

Salah satu gerai Al Baik di Mekkah, gambar : kabarMakkah.com

Soalnya curiga kan, tenar begitu kok tidak buka cabang di kota-kota lain seperti Dhammam, Riyadh, Al Khobar dan sebagainya?

Menunya seputar ayam, udang, dan ikan.  Ya ayam goreng tepung, ikan goreng tepung, dan udang goreng tepung, plus nugget masing-masing. Menu sampingan juga ada misalnya : jagung-jagungan dan es krim.

Menu ayam, gambar : www.albaik.com

Menu ayam, gambar : www.albaik.com

Apanya yang khas? Rasa memang sedikit beda dibanding sesamanya. Selain saos tomat, makannya juga bisa dicocolin ke saos bawang putih (garlic sauce) yang emang enak.

Saya sendiri memang kurang suka ayam goreng tepung nya, instead, suka banget ama nuggetnya. Udang sih diapain aja pasti enak yah, harganya yg gak pernah enak hahahahaha… Tapi overall, harganya dibawah rata-rata untuk segala jenis menu dibanding fast food lain yang sejenis. Terkuaklah misteri kenapa sang suami doyan banget dengan si AL Baik ini hahahahahaha…. Apa karena ini juga orang-orang pada suka sama AL Baik? Hampir semua temen saya terkesan dengan ayam goreng satu ini.

Menu udang di Al Baik Mekkah

Menu udang, gambar : www.albaik.com

FYI, porsi di Saudi ini cukup mengenyangkan.  Jadi misalnya paket menu ayam goreng itu disini yang reguler isinya : 4 potong ayam, kentang goreng, 1 roti, 1 soft drink.Makanya sisi positif nya bisa beli 1 paket aja trus dibawa pulang ke rumah buat dimakan rame-rame. Irit :P.

Seriusan, cukup banget lho itu. Makanya karena ini juga pada doyan makan di Al Baik kali, ya. Porsi jumbo *elusElusPerut*.

Kalau naik haji, Al Baik juga buka gerai dekat tenda jamaah. Antriannya gila, deh.  Begitu pula kalau bulan Ramadan jelang buka puasa. Ampuuuuuun, bisa kering nunggu suami lagi ngantri. Padahal nunggunya sambil duduk manis dalam mobil hahaha.

Alasan lain kenapa saya lebih suka makan di rumah, karena kalo makan di  mal atau di gerai nya, tidak disediakan nasi! lidah masih asli kampung, makan mesti pake nasi :D.

Walau tidak begitu suka, kalau suami beli, ya ikut makan juga ^_^, Sekarang juga  masih terkenang-kenang walau tidak segitu kepenginnya makan lagi. Atas nama  nostalgia sajalah. Apalagi pas naik haji kemaren, di tenda Mina pas pulang wukuf lagi capek-capek dan laparnya itu, hidangannya ternyata … Al Baik! Yang versi nuggetnya pula, paling favorit buat saya. Hajar, bleh! Hahaha.

Menu nugget di Al Baik Mekkah

Menu nugget, gambar : www.albaik.com

Kalau mudik dari Jeddah, teman saya banyak yang memborong paket ayam goreng tepung Al Baik dan dipaketin khusus buat naik dibawa terbang. Iya lho, sudah umum Al Baik ini dijadikan oleh-oleh buat sanak saudara/teman/kerabat di tanah air. Para jemaah dari tanah air kalau sudah ke tanah suci, biasanya juga terhipnotis oleh si ayam goreng satu ini ;).

Gimana, kalian yang sudah pernah ke Mekkah-Madinah, sudah pernah ngerasain ayam goreng Al Baik nan hits ini belum? Suka ndak? :D.

10 thoughts on “Memori Ayam Goreng Tepung Al Baik

  1. Ini albaik udah kesohooorr kemana2 ya ampe penasaran aku. Sampe dibela2in pas umroh kmrn mau cobain albaik..tp ga kesampean huhuhu….

  2. Akuuuh, akuuuh. Aku syukaaaa bingits ama Al-Baik!

    Kapan2 aku bikin postingan tentang ini dweeeh. Duuuh, mupeng umroh nih 🙂 Di-amin-kan ya kakaaaa bumiiiil 🙂

  3. Salam kenal Mak,

    Akhir 2013 berkesempatan umroh bareng suami, ortu dan 2 adik. Pengalaman waktu itu smp di Mekkah sekitar jam 12 waktu setempat. Badan udah pegel2 efek perjalanan dari Madinah apalagi waktu itu saya lagi hamil 6 bulan, eh sm pihak biro umrohnya ditempatin di hotel bintang 3 padahal dijanjikan hotel bintang 5 dekat Masjidil Haram. Bikin emosi jiwa banget pokoknya. Trus pas udah di kamar dapat jatah makannya si Al Baik ini. Entah karena udah kadung emosi sm biro umrohnya atau krn sudah tengah malam baru ketemu nasi atau memang rasa ayamnya yg begitu ya, soalnya menurut saya masih lebih enak ayam KFC Indonesia drpd si Al Baik ini 😀 Pernah nyobain KFC jg waktu di Madinah. Tetep yg juara ya KFC Indonesia hehehehe….

    • Ya ampun Mbak ,pengalamannya :(. Tapi sekarang jadi senyum-senyum gak Mbak ingatnya hehehe. Kasihan juga itu Al Baik jadi ikut-ikutan terasa enggak enak hahaha. Tapi saya memang kurang suka sih sama Al Baik. Toss dulu. Sesama pencinta KFC Indonesia ;).

  4. Al baik asli dibuat ga pake pengawet.. Ya klo di bandingin sm ayam kfc ato mcd, al baik klo udah sehari ato 2 hari ga dimakan pasti langsung busuk ayamnya. Beda sama kfc n mcd lebih awet dan tahan lama.. Itu aja sih info yg ane dapet.

Comments are closed.