Ada Apa dengan BBM?

BBM oh BBM :p. Ada apa dengan BBM?

Gambar : tribunnews.com

Gambar : tribunnews.com

Kok masih banyak yang bingung, ya, soal harga BBM yang berubah terus hehehe. Jadi begini teman-teman, sesuai keputusan pemerintah beberapa bulan lalu yang menetapkan pencabutan subsidi BBM, maka harganya akan selalu mengikuti pergerakan harga minyak mentah dunia :D.

Ini praktik umum sih di negara-negara yang tidak mensubsidi BBM untuk rakyatnya. Kalau di Irlandia sendiri, harga BBM nya berubahnya level harian :D. Hari ini segitu besok bisa naik bisa turun. Harga BBM di Eropa umumnya juga tidak mengikuti harga pasar.

Harganya lebih “kejam” :D. BBM, alih-alih disubsidi, malah dikenakan pajak di sini! Jadi, pemerintah MALAH mendapatkan pemasukan dari pemakaian BBM. Termasuk di negara-negara “raja minyak” seperti Norwegia :D. Lucunya, di sana harga BBM termasuk salah satu yang paling mahal di dunia. Kanada pun menjual BBM nya malah lebih mahal daripada US. Padahal cadangan minyak Kanada juga termasuk yang “top”. CMIIW, ya :). Harganya masih segitu apa enggak.

Di pompa bensin di Irlandia, harganya dituliskan di semacam layar elektronik gitu. Jadi otomatis bisa diubah tiap hari. Kalau pakai plang manual kayak di Indonesia pada umumnya kan capek juga kali ya, edit tiap hari hihihi.

Gambar : thepress.net

Gambar : thepress.net

Di Indonesia sendiri kalau tidak salah harganya akan berubah tiap bulan. Kalau tiap hari berubahnya, capek kali bersih-bersih timeline karena tiap hari pasti banyak yang ngamuk hahahahaha.

Buat yang PRO pencabutan subsidi BBM, mingkem aja yeeeeee :p. Changing is never easy lah ;). Beri waktu untuk penyesuaian, jangan malah disolotin balik. Ya kagak selesai-selesai nanti hahahaha.

Kita sudah puluhan tahun menikmati subsidi BBM. Tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan menghadapi perubahan sekarang. Buat kalian yang PRO pencabutan subsidi BBM karena tahu betul manfaat dan sisi positifnya, ya sudah … good for you ^_^. Ingat, jangan nyolot balik! ;).

Di beberapa negara dengan cadangan minyak melimpah, bensin memang diobral abis! Di Saudi misalnya, harga bensin seliter lebih murah boooo daripada harga 1 liter air minum! Hahaha. Tapi ingat, selalu ada “harga” yang harus dibayar. Di mana pun itu, hukum alam selalu berlaku. Selalu! ;).

Cadangan minyak melimpah tidak berarti menghasilkan minyak terbanyak, ya. Karena cadangan minyak biasanya diasosiasikan dengan jumlah penduduk. Cina-Rusia-US itu termasuk negara penghasil minyak yang lumayan. Tapi dari segi cadangan, mereka keok oleh negara-negara Timur Tengah yang penduduknya minim.

Indonesia is not that bad tapi begitu memperhitungkan jumlah penduduk, ya gubrak deh! Hahahaha. Soal itu sudah pernah saya tuliskan di sini –> http://jihandavincka.com/2014/11/18/harga-bbm-naik-yay-or-nay/

Jadi, silakan dilanjut uneg-unegnya ^_^. Saya hanya bantu meluruskan karena banyak yang kayaknya menuduh pemerintah plin plan terkait harga BBM :D. Yang memang harganya dinamis itu ya harga minyak mentah dunia hehehe.

SELAMA pemerintah memutuskan untuk melepaskan APBN dari subsidi bahan bakar energi habis pakai satu ini, mau tak mau, tiap bulan kita harus tabah menghadapi perubahan harga BBM :D.

Mau ngamuk tiap bulan atau mulai berdamai dengan kebijakan pemerintah yang ini? That’s your choice! Pick wisely, please ;).

***

5 thoughts on “Ada Apa dengan BBM?

  1. setiap membaca tulisan mbak Jihan, selalu merasa “oh, ini toh alasan dibalik setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah” ๐Ÿ˜€
    Mungkin karena mbak jihan udah melanglangbuana kemana-mana ya mbak, jadi bisa punya sudut pandang lain dan bisa ngasih gambaran perbandingan keadaan di negara kita dengan negara-negara lain ๐Ÿ™‚
    TFS ya mbak ๐Ÿ˜€

    • SEbenarnya mau bandingin dengan India dan Kenya yang harga BBM nya jauh lebih mahal hihihi. Sama-sama pengimpor BBM juga soalnya. Tapi nanti malah jadinya aneh, tuh India enggak disubsidi BBM nya tetap miskin juga tuh :p

  2. Pengen nge-share ke FB, tapi udah janji ama diri sendiri gak mau bahas dan share berita ttg politik atau pemerintah di sosmed. Masalahnya para panasbung bakalan nyolot dan sy pasti tidak tahan buat nyolot balik, panasan.com, hehehe… Parahnya lg banyak teman sy yg panasbung sering bilang sy pembenaranlah, pembelaanlah, disuruh gigit jari lah.. Jadi mending mingkem deh.. hehehh.. Good post as always mbak.. ๐Ÿ˜€

  3. intinya memang sudah terlalu lama disubsidi dan jadi manis manja group mba…okaaay, ngg semua ya..karena banyak juga yang memang hidupnya jadi ‘berat’ karena BBM naik..tapi kalau melihat jalan di jakarta yang penuh mobil mewah dan kendaraan aneka rupa, rasanya musti bisa menghadapi ini ๐Ÿ™‚

    Di CH maupun US harga BBM sesuai pasar banget..dan lumayan aja memang :), apalagi dengan mini truk kami yang boros hehehe ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *