Mengirim Tulisan Jalan-jalan ke Leisure Republika

Akhir desember yang lalu, sebuah tulisan tentang Kota Dublin muncul di rubrik tulisan Jalan-jalan ke Leisure Republika :D. Ini adalah tulisan ke-4 yang dimuat di Leisure.

Tulisan jalan-jalan tentang Dublin di Leisure Republika

Tadinya, Leisure ini punya 2 rubrik jalan-jalan. Satunya lagi ‘Jalan-jalan Religi’. Tapi sejak awal tahun 2013, ‘Jalan-jalan Religi’ ini sudah tidak ditayangkan lagi. Jadi, sekarang tinggal satu rubrik saja. Biasanya dimuat 2 halaman. Tulisan saya 2x dimuat di Jalan-jalan Religi, Kota Jeddah dan Padang Badar.

Contoh-contoh tulisan jalan-jalan ke Leisure Republika bisa dicek langsung ke epaper-nya Republika, lho. Tinggal sign up saja. Gratis, kok ;). Silakan dikunjungi langsung ke www.epaper.republika.co.id  ^_^. Leisure ini ada di edisi Selasa tiap minggunya. Rubrik jalan-jalan ada di halaman 2 halaman sebelum halaman terakhir.

Syaratnya?

1. Panjang tulisan sekitar 8000-11.000 karakter (dengan spasi). Diketik di MS Word. Spasi 1.5 atau 2. Fontnya Arial atau TNR, font size 12. Yang rapi lah ya :D. EYD jangan lupa hehehe.

2. Foto-foto minimal 10 buah, soalnya 2 halaman boooo :D. Resolusi sedang juga boleh. Ukuran minimal 500 KB. Sertakan satu foto profil penulisnya, yah. Bukan bermaksud narsis. Tapi KUDU. Wajib. Kalau enggak ada, biasanya begitu akan dimuat akan diminta oleh editor. Jangan nyusahin editor lah. Sudah tahu harus, ya kirim saja. Hehe.

3. Dikirim ke leisure@rol.republika.co.id

4. Kasih pengantar dikit lah, standar saja isinya, jangan gengges apalagi alay hahaha. Subyek email beri tag [Tulisan Jalan-Jalan].

5. Sebaiknya, beri biodata singkat plus tulisan-tulisan yang pernah dimuat (kalau ada). Nomor rekening lengkap dan no.NPWP langsung sertakan saja. Kalau dimuat kan enggak pusing-pusing lagi ngirim nomor rekening ;). Enggak usah malu-malu atau sungkan. Pakemnya memang begitu kok :). Dimuat tidak dimuat pede saja mencantumkan nomor rekening lengkap.

6. Honornya sekitar 700-800 ribu rupiah per artikel. Ditransfer biasanya 5-6 minggu setelah pemuatan. Lama, ya? Hihihi. Sabaaaarrrr :D. Kalau 6 minggu belum ada, langsung email saja ke alamat yang sama dengan no.3, responsnya biasanya cepat, kok ;).

7. Topiknya boleh tempat wisata dalam negeri juga, lho. Tidak melulu obyek jalan-jalan dari luar negeri. Kalau saya karena kebetulan tinggalnya lagi di luar jadi banyakan ngirim tentang luar negeri hehehehe. Ini contoh tulisan yang pernah dimuat di Republika. Naskah asli salah satu tulisan saya tentang Irlandia, saya tuliskan di sini.  Contoh lainnya, kali ini tentang kota Jeddah, juga pernah saya tuliskan di sini naskah aslinya :D. 

Tunggu apalagi? Selamat mencoba mengirim tulisan jalan-jalan ke Leisure Republika ^_^. You never know if you don’t try ;).

Nah, mulailah dengan mengingat-ingat kembali tempat-tempat cantik yang pernah kalian datangi. Tidak mesti yang ‘wah’ atau yang gimana-gimana. Danau dekat rumah pun, kalau pandai-pandai mengangkat sudut pandang yang seru, selalu bisa menjadi tulisan yang menarik ;).

“The journey of a thousand miles begins with a single step” ― Laozi.

Setiap artikel selalu dimulai dengan sebuah kata ;). Let’s write and share our journey! ^_^.

“Travel is more than the seeing of sights; it is a change that goes on, deep and permanent, in the ideas of living.” – Miriam Beard

29 thoughts on “Mengirim Tulisan Jalan-jalan ke Leisure Republika

  1. ahhh mba… terima kasih sudah berbagi… pengen banget mencoba, tapi belum berani… secara masih belajar menulis hehehe… baca nama republika, lgs lemes duluan hihihi… ^^

    • Enggak bakal tahu kalau enggak dicoba kan, ya :D. Ayooo, kirim aja dulu baru mengumpulkan keberanian hehehe. Kalau pun ditolak kita enggak bakal mati kan? Hahahhaha. Sori, becanda :P. Semangat ya Dear 😉

  2. Aku sih pernah kirim Mbak cerita traveling ku ke Belitung sebulan lalu tp smp skr blm ada kbr, hiks 🙁 biasanya brp lma si Mbak dr kita email smp ada kbr? Kl ga lolos aku pgn cb oper ke media lain aja

    • Yang Dublin ini saya nunggu 2 bulan malah Mbak hehehe. Mereka mah enggak ngasih kabar emang. Tau-tau langsung nongol aja. Biasanya, pasti dimuat kok ;). Tapi, ngantrinya suka lama. Tanyakan saja langsung Mbak, email-in lagi aja. Mereka biasanya ngasih tahu kalau lagi ngantri atau gimana ;).

  3. Neng, tolong sampaikan ya ke pak dani, fotoin istrinya lebih sering, gituuuu.. lah itu foto profilmu kok ya itu lagi, itu lagiiii… hahaha….
    Eh, 700 rebu disini sih lumayan, nah kalo buat dirimu disono, uang segitu bisa dipake belanja apaan, ya? 🙂

    • Iya nih, si doi ogah amat foto-fotoin gue.Katanya, “Udah tua kok minta difoto-foto!” Hhahahaha. Siyaaalll. Waktu belum merit aja, ngomonginnya bulan madu di atas pelangi melulu #eaaaaah hahahahahha 😛

  4. Makasih Mba Jihan, sudah berbagi. Saya suka membaca tulisan-tulisan Mba… Apa Mba sudah kirim tulisan ke rubrik Jalan-jalan Majalah Pesona? 🙂

  5. makasih mbak Jihan untuk infonya… akhirnya tulisan saya dimuat juga di Leisure Republika 😀 aku follow blogmu ya mbaakk.. salam kenal dari Sevilla, Spanyol 🙂

    • Horeeeeee… alhamdulillah :D. Monggo, monggo hehehe. Duh, saya kepengin banget nih jalan-jalan ke Spanyol. Mau ketemu Casillas hahahhahaha 😛 😛 😛

  6. salam kenal yah mbak..your blog is very inspiring..cita-cita saya 3 tahun yang lalu sebelum ikut suami tugas ke luar Indonesia juga mau menulis dan mengirim artikel ke majalah or koran. namun seiring waktu berjalan kok ya kandas, cuma nulis di blog pribadi aja jadinya karena kurang pede. tapi tulisan ini sepertinya jadi motivasi nih untuk mencoba, thanks mbak..

  7. ALhamdulilllah, ketemu lagi sama penyuka jalan-jalan, hehe. Sebelumnya salam kenal ya Bu, saya jg seneng nulis tentang traveling. Saya dari dulu kepengen nyoba ngirim ke Republika tapi belum kesampaian. Hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *