Syarat Pengiriman dan Contoh Cerpen ke Femina dan Kartini

Pengiriman dan Contoh Cerpen ke Femina

Perasaan sudah pernah posting tentang ini, ya? Tapi lupa di postingan yang mana. Banyak yang bertanya jadi daripada bolak balik, ditulis saja selengkap mungkin di satu tulisan khusus :). Mohon maaf tidak bermaksud berlambat-lambat menjawab. Tapi kadang ketelisut aja mau nulis tema yang mana. Udah dipikirin eh pas depan laptop yang lain yang ditulis hahaha.

Kok Kartini sama Femina doang? Ya pernah dimuatnya di situ doang. Itu pun cuma 3 kali hihihi. Entah kenapa sekarang jarang sekali menulis cerpen-cerpen lagi :(. Banyakan malasnya nih *getokKepalaSendiri*.

Kalau berminat mengirim cerpen ke Femina dan Kartini. Syarat-syaratnya sbb :

1. Kartini, jumlah karakter (with space) sekitar 13.500 karakter (lebih kurang dikit boleh lah ya). Femina sekitar 12.000 karakter (with space).

2. Fontnya bisa TNR bisa Arial, spasi 1.5 atau double juga boleh.

3. Alamat redaksi Kartini –> redaksi_kartini@yahoo.com. Alamat redaksi Femina –> kontak@femina.co.id

4. Honor di Kartini 350 ribu rupiah (transfer setelah sebulan dimuat), di Femina 850 ribu rupiah (transfer semingguan setelah dimuat).

5. Tema sih mirip-mirip, ya. Tapi ingat, Femina tidak suka cerita tentang ‘perempuan cengeng’ . Kartini juga sepertinya sih begitu hehehe. Coba tempatkan tokoh perempuan sebagai subyek yang lebih “kokoh” bukan ‘korban’ dan gitu-gituan lah.

6. Keduanya selalu memberitahu apa tulisan akan dimuat atau tidak. Tapi Kartini tidak spesifik menyebutkan kapannya sedangkan Femina selalu memberitahu nomor edisi pemuatan sebelumnya. Pengalaman teman lain sih ada juga yang tahu-tahu dimuat di Kartini. Kalau Femina konsisten mengabari.

7. Contoh-contoh cerpen di sana… boleh cek di website Femina untuk Femina. Tapi kalau mau ke blog saya juga boleh hihihihihi.  

Ini cerpen saya yang pernah dimuat di Kartini –> http://jihandavincka.com/2013/05/26/cerpen-yang-kumau/

Ini cerpen di Femina yg Juni 2012 –> http://jihandavincka.com/2012/06/27/namanya-aryana-femina-no-242012/

Ini cerpen ke-2 di Femina yg Desember 2012 –> http://jihandavincka.com/2013/01/02/cerpen-tiga-rahasia/

Pokoknya kalau dirasa ada tulisan yang sudah jadi dan layak muat, kirim saja! Pede aja! :D. Kan enggak akan tahu kalau enggak dikirim? ;). Selera editor juga kita enggak bisa nebak.

Demikian deh ya, pengiriman dan contoh cerpen ke Femina dan Kartini. Hope that helps ^_^.  

Pengiriman dan contoh cerpen ke Femina

80 thoughts on “Syarat Pengiriman dan Contoh Cerpen ke Femina dan Kartini

  1. Cerber yg terakhir kamu tulis itu loh, neng poni… udah coba dikirim, belum? Btw, kayaknya belum tamat, deh. Hayoooo…..!
    Bikin cerpen ini sebenernya tantangan loh, buatku. Cuma…. masih takut nyoba! Hahaha…

  2. Mau nanya mbak, boleh? Sy suka cerpen, dan pernah beberapa kali coba bikin dgn harapan mau dikirim ke media (medianya bebas, apa aj yg kira2 cocok dgn tema cerpen yg sy bikin). Tapi masalahnya sampe detik ini belum ada satupun yg benar2 beres sampe tuntas. Pertanyaannya, apa dulu mbak Jihan pernah mengalami hal serupa dgn sy? Kalau pernah, boleh minta masukannya buat sy mbak (ngarep :)) biar bisa menyelesaikannya hingga tuntas. Apalagi sampai dimuat.

    Makasih sebelumnya mbak..

  3. Keren nih mbak jihan, tulisannya bgus2 itu dpt idenya dr mna, kok sy butek mulu ya klu mw cb nulis xixiixixix
    Tena kulle kreatip wkwkwkwkkw
    Btw, salam kenal Mbak

  4. Saya juga suka nulis, kak, tapi suka malas mengembangkan ceritanya. Tapi kalau buat judul udah banyak, gimana kalau begitu, Kak ?, mohon solusinya. Terima kasih.

  5. wah, terimakasih mba artikelnya sangat bermanfaat.
    Saya juga sedang belajar nulis nih mba, mau tanya kalau kirim ke majalah femina harus 12.000 CWS ya? Kalau kurang berarti gak boleh ya mba? Misal hanya 7.000 CWS mba..
    Mohon di balas mba, he..he.. 🙂

    • Wah, kayaknya enggak ada ya hehehehehe. Mungkin karena ini cerpen dewasa, sebaiknya usia penulis 17 tahun ke atas apa ya 😀

  6. kak, cerpen saya ada yang diterima sama femina. kata mereka mau dikonfirm 4 bulanab, tp ini udah lebih dr 4 bln, nah kira2 apa yg hrs sy lakukan kak? terima kasih

  7. Halo kak cerpennya bagus bgt…
    Mau tnya dong kak 😀
    Kalau di mjalah femina ktanya harus ada surat penyataan keaslian karya dan di tnda tngan di atas materai, jadi kita harus dtg ke kantor redaktur dan mnandatangani suratnya yah kak???
    Kalau kita dari luar kota mau tdak mau hrus dtg ke kantornya? Apa sprti itu prosesnya kak? Tolong di jelasin dong. Terima kasih 🙂

  8. kak jihan maunanya dong.., kalo mau ngirim ke majalah femina gmana sih maksudnya, itu kita kirim ke email yang kontak@femina.co.id trus kirim cerpennya gitu aja? nggak ada waktu atau tanggal yang ditentukan gitu kak?
    trus tau diterima atau nggak nya gmana?

    • Tanggal dan waktu ditentukan apa nih maksudnya hehehehe. Diteirma atau tidak nanti dihubungi oleh editornya kok ^_^

  9. tanya-tanya ya. waktu kirim email, informasi apa aja yang perlu dicantumin mbk? terus untuk pemberitahuan diterima atau enggaknya cerita kita kira-kira berapa lama? tolong di jawab ya mbk. makasih 🙂

  10. Mbak, ini ukuran kertasnya A4 atau letter atau apa ya? Oh iya, data diri itu sekalian ditulis jadi satu sama file cerpennya atau di attach sendiri ya?

    • Iya dalam file terpisah. Termasuk data singkat aja sih. Misalnya nama alamat domisili dan nomor rekening lengkap. Portofolio berupa tulisan lain yang pernah di media cetak sebelumnya juga boleh ditambahkan kalau mau :).

    • Tunggu sampai sebulan aja Mbak. Kalau enggak cair juga baru tanyain :). Mungkin karena jelang lebaran hehhehe. Pada sibuk. Saya ada lho media yang belum bayar padahal sudah hampir 6 bulan :p. Bukan Femina tapi :D. Sabar yak ^_^

  11. halo, mbak. salam kenal. ^^
    terima kasih sharingnya.
    oiya, mau tanya, kalau kirim cerpen ke femina atau kartini, ada aturan untuk subject-nya atau bebas aja, mbak?
    mbak jihan biasanya nulis apa di subject?
    makasih. 🙂

  12. mau tanya, saya seorang santri. tapi saya ingin mengirim cerpen saya ke majalah femina. tapi saya tidak punya no hp karena di lingkungan pondok melarangnya.

  13. mbak mau tanya.. apa majalah kartini nerima cerita dari pengalaman kita… maksd saya kayak kisah nyata gitu.. btw tolong di jawab ya

    • Iya, di rubrik Oh Mama Oh Papa kalau gak salah. Beli aja coba majalahnya terus lihat-lihat rubrik di sana ^_^. Bisa beli online juga lewat scoop dll.

  14. Maaf, mau tanya. Ada contoh format untuk mengirim cerpennya tidak? Misalnya data diri apa saja yang perlu dilampirkan? Terima kasih, saya tunggu jawabannya.

  15. permisi kak mau nanya, dapet honornya berapa hari setelah pemuatannya baik di majalah Kartini dan majalah Femina?

    Oh ya boleh minta akun twitternya kak? saya ingin tanya lebih lanjut nih kak. Akun twitter saya : @indrawahid96
    Trims kak atas infonya 🙂

    • Femina 850. Kartini 350. Kalau Kartini bisa sebulan. Kalau Femina di minggu yang sama di minggu pemuatan. Paling telat seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *