Perdana di Harian Pikiran Rakyat :D

Banyak teman yang juga gemar menulis tulisan jalan-jalan yang tulisannya dimuat di rubrik “Backpacker” harian “Pikiran Rakyat.” Tentunya langsung latah ikut-ikutan ngirim ke sana hehehe.

Saya sempat mengira jangan-jangan tulisan saya tentang situs Clonmacnoise kurang cocok dimuat di koran yang bersangkutan. Soalnya mengirimnya sudah sebulanan yang lalu. Dasar kurang sabar , saya email lagi ke redakturnya. Maksud saya, kalau kurang cocok dengan ‘misi’ Pikiran Rakyat, saya punya banyak stok tulisan/foto-foto Saudi yang sudah dipermak sama Pak Fotografer saya yang sedang mendalami teknik editing hehehehe.

Eh, ternyata kata redakturnya mau dimuat minggu ini . Sip, barusan dapat fotonya dari teman via Twitter;).

Clonmacnoise, salah satu situs monastik yang berbau Katolik yang memang banyak ditemukan di Irlandia. Terletak di salah satu pesisir Sungai Shannon, tempatnya cukup dekat dari kediaman saya dan keluarga. Pemandangan alamnya baguuusss banget . Hijau di mana-mana. Sisa-sisa reruntuhan kastil dan biara di masa keemasan kompleks Clonmacnoise beberapa ratus tahun yang lalu masih ada.

Lebih lengkapnya, simak di koran Pikiran-Rakyat, edisi hari minggu 18 agustus kemarin. Cek di epaper-nya belum diupdate yang bulan agustus 🙁. Masih pada libur lebaran kali. Tapi dapat email dari redakturnya beserta file pdf semacam bukti terbit kali, ya.

Apa situs online Tabloid Prioritas juga masih libur, ya? Pengin melacak tulisan tentang Pantai Thuwal di sana. Repotnya tabloid Prioritas ini, hanya bisa didapatkan bila berlangganan. Tidak dijual bebas, booo huhuhu :(.

Ah ya, berminat mengirim tulisan jalan-jalan ke rubrik “BackPacker” yang tayang tiap hari minggu di Harian Pikiran Rakyat? Kirim saja email ke yudiawan@gmail.com. Jumlah karakternya enggak banyak, kok. Sekitar 5500 karakter saja (karakter bukan kata, karakter = huruf, ya). Sertakan sejumlah foto sekitar 5 buah, resolusi medium/high. Ukurannya ya minimal 500 KB. Ingat, kalau mengirim tulisan jalan-jalan, foto dipisah ya dari file naskah :).

Honor katanya sekitar 400-500 ribu. Not too bad lah ;). Tulisannya pan pendek ini hehehe. Ayooo, pada latah, pada latah :D.

Rubrik "Backpacker" Harian Pikiran Rakyat, Minggu 18 Agustus 2013

Rubrik “Backpacker” Harian Pikiran Rakyat, Minggu 18 Agustus 2013

 

7 thoughts on “Perdana di Harian Pikiran Rakyat :D

  1. Iiihhhh, aku belon baca! Padahal bagindaraja kan langganan PR sabtu minggu, loh! Ah, mau kucari korannya, mau kupamerin, ini loh yg nulis temen bloggerkuuuu…! 😆

  2. Blog yg sangat menginspirasi, mbak Jihan!
    Bbrapa hari yg lalu saya jg sempat kirim cerita wisata saya ke rubrik ini dan masih menunggu.

    Bila sudah dimuat, apa ada info dari redaksi Pikiran Rakyat-nya?
    Dan bgmn pengambilan honornya?

    Makasih….

    • Biasanya tidak mengabari, Mas :). Jadi, kita pantau sendiri. Kebetulan kemarin saya tanyakan langsung karena udah lama belum dimuat dan diberitahu oleh redakturnya dimuatnya kapan. Kalau misalnya udah kelamaan, lebih dari sebulan, coba dikontak redakturnya saja. Honor ditransfer ke no rekening penulis :).

      • 🙂
        Mbak Jihan sendiri kirim artikelnya via emailkah?
        Saya sendiri tidak tinggal di Bandung, jd tidak bisa memantau.

        • Iya, via email. Ada epapernyadi epaper dot pikiran-rakyat dot com. Cek di situ aja :D. Pantau lewat situ. Kalau sudah dirasa kelamaan, langsung email saja ke redakturnya, tanyain :).

Comments are closed.