A Blast from Our Hajj-journey

Mabrook, Haji Dani Rosyadi ^_^. Thawaf qudum 1.5 jam, thawaf ifadah 2.5 jam. Semuanya non stop gendong Narda :). Tetap mampu khusyuk berdoa di tiap putaran. Thawaf wada nyaris 4 jam! Lucky us, I got my period in that morning. Can’t imagine if he did thawaf wada last night with me and our little boy hehehe.

Tercekat melihat Masjidil Haram dan sekitarnya sepanjang sore dan tadi malam. Akses ke lantai 1 ditutup rapat. Thawaf di lantai 2. Sesaknya juga minta ampun. Bis kami yang seharusnya meninggalkan Mekkah ke Jeddah pukul setengah 7 malam, mundur hingga jam 11 malam. Hampir semua rekan-rekan pulang dengan langkah tertatih-tatih dan wajah kelelahan.

Saya tak bisa berbahasa Arab. Hanya sanggup memberi tatapan mata menyemangati sembari berujar, “Mabrook, mabrook, mabrur insya Allah.”

Terima kasih ya Allah, putra kami tergolong tidak rewel sama sekali. Dalam tenda Arafah, orang-orang sekitar berdebat dan tidak sabaran karena panasnya cuaca. Saling berebutan menduduki karpet-karpet yang dekat dengan pendingin ruangan. Anak-anak kecil banyak yang meraung-raung. Tapi Narda terlihat santai saja bermain dengan kantong tidur yang dibagi-bagikan ke tiap orang. Hingga akhirnya terlelap sendiri :'(.

Antri menuju stasiun untuk kembali ke Mina dari Arafah selama 3 jam tak mengeluarkan tangis sama sekali. Sudahlah sesak, gerah, orang-orang tidak sabar dan saling dorong mendorong, tapi Narda diam saja bahkan sesekali tertidur.

Ada kesalahan teknis dalam melontar jumrah hari pertama. Kami jalan kaki dari Mina ke tempat jumarat, seharusnya naik kereta. Sekitar 4 kilo di teriknya siang hari juga tidak membuat bocah 1.5 tahun ini rewel sama sekali. Emaknya malah yang cranky (as usual, ya), ahahahahahahaha.

Thawaf ifada di lantai 2, biarpun memakan waktu 2.5 jam, tapi hawanya sejuk kena AC dan kipas angin yang tersebar di seluruh penjuru atap masjid. Tentu saja Narda riang terus dalam gendongan.

Mabrook juga buat haji kecil kami, Narda Atif Rosyadi :). Si lembut yang sabar hati :). Wajahnya mirip dengan saya (katanya) tapi sifatnya jauh ya booooooo :P.

Cerita-cerita seru lainnya menyusul ;). Ini cuma ‘pemanasan’ ho ho ho. Cerita seru selengkapnya akan saya tulis nanti.