“Bunda of Arabia : Bahagia, Meski Mungkin Tak Sebebas Merpati”

Gilaaakk, sebenernya ada banyaaaaakkk banget yang mau diceritain di balik penerbitan buku “Bunda of Arabia” ini.

Eh, nerbitin buku?? Iyaaaaaaaa ^_^.

Buku antologi ini berisi kumpulan kisah ibu-ibu asal Indonesia yang sedang bermukim di Jeddah. Gue adalah penggagas dan sekaligus penulis di buku antologi ini. Teman-teman yang berhasil gue provokasi untuk ikut menulis ada 8 orang : Teteh Euis, Mbak Vica, Dini, Mira, Aina, Ismiyati, Alfiani, dan Rani.

Ajaib deh, gue ‘lempar’ ide di tanggal 9 januari. 12 Januari mulai pada bergerak. Akhir februari kita ‘lempar’ naskah ke penerbit Indie, dan voila… “Bunda of Arabia” terbitlah sudah di tanggal 25 Maret kemaren! Bukan main, 2 bulan 13 hari saja! Hahahaha, jangan tanya drama nya kayak apa, penggagas dan pemimpin proyeknya adalah Drama Queen nomor satu *nunjukDiriSendiri*.

Tapi belajar banyak hal dari proyek buku ini yang tentu akan gue share selengkapnya disini, tapi nanti ;).

Sampe sekarang rasanya juga gak percaya kenekatan ini bisa membuahkan hasil, hahaha. Dan yang lebih surprais lagi, bukunya ludes 800 eksemplar dalam tempo 10 hari! Cetakan pertama langsung habis dan segera meluncur ke cetakan ke-2.

Loh? Dikit amat? Iyaaaa, buku ini terbit secara Indie :P. Ada kok alasannya kenapa mesti terbit indie, duh, kapan-kapan pengen euy curhat panjang lebar ;).

Berikut ini tentang bukunya dulu deh, ya ;).

Here we go

***

Bahagia, Meski Mungkin Tak Sebebas Merpati

by : Jihan Davincka

***

Burung merpati bukan hal langka di Saudi. Mereka mengepakkan sayap hampir di seluruh penjuru wilayah Saudi. Asyik aja mereka berputar-putar di udara. Tidak perlu mereka payah-payah berburu makanan. Hampir tiap saat, ada saja orang yang melemparkan makanan ke kawanan mereka. Hidup hanya untuk terbang dan makan. What a life :).

Burung sering dilambangkan sebagai simbol kebebasan. Hanya dengan mengembangkan kedua buah sayap, seekor burung bisa melesat kemana mereka suka. Beterbangan di udara, hinggap di dahan dan ranting, atau sekedar duduk berkicau dimana saja.

******

Saudi, negara ladang minyak yang menjanjikan banyak harapan kepada para pendatang yang terhembuskan takdir untuk datang merantau. Gaji tanpa pajak, biaya hidup yang cukup murah, sehingga kesempatan untuk berkontribusi berupa devisa yang lebih besar untuk tanah air terbuka lebar.

Kemana para pekerja formal kita? Mengapa tak banyak yang mencoba merengkuh rejeki di negara yang mengharapkan banyak tenaga profesional asing ini? Kepiawaian pekerja formal negara kita harusnya lebih dari cukup untuk disejajarkan dengan ribuan tenaga kerja dari negara lain yang berdesakan ingin bekerja disini. Persaingan tak begitu sengit, tidak sesengit kesempatan untuk meraup kesempatan di negara-negara maju.

Salah satu alasan utama adalah : keluarga. Terutama bagi mereka yang sudah beristri. Bukan rahasia, Saudi dikenal tak ramah untuk para perempuan, terlebih yang berasal dari Indonesia. Keengganan para istri kadang sanggup menghentikan langkah para pencari nafkah untuk bertolak ke Saudi.

******

Ternyata ada banyak hal-hal menyenangkan yang tersimpan rapi entah dimana. Hal-hal seru yang gaungnya terlalu lemah karena tertimbun banyaknya kisah-kisah dengan nada berbeda tentang kota ini. Meskipun memang tak dipungkiri, kehidupan sehari-hari perempuan di kota Jeddah masih memiliki banyak ‘dinding pembatas” dibandingkan banyak wilayah lain di belahan dunia sana.

Kami mencoba mengangkat kota Jeddah dan kehidupan perempuannya dari sisi yang sedikit berbeda. Kami hadirkan :

“Bunda of Arabia : Bahagia, Meski Mungkin Tak Sebebas Merpati”

Percayalah, kebahagiaan tidak pernah bergantung kepada dimana kita tinggal, kemana kita pergi, bahkan pada berita yang mencecoki mata dan telinga kita. Bahagia itu dari dalam. As we’ve known that HAPPINESS is not given, it is made. Bahagia selalu bisa diciptakan. Hidup dimana pun pasti perlu perjuangan.

******

Diterbitkan secara indie. First printing of 800 copies sold out in its first 10 days!

Cetakan keduanya akan segera dihadirkan di tanggal 25 April 2012 ini.
Mariiii, pre order boleh, lho.

Boleh mention saya di @davincka
Atau email ke [email protected] dengan subject : BUKU
Atau message ke inbox saya di facebook, id saya : Jihan davincka, email : [email protected]

PM saya lewat Multiply juga monggo.

Untuk daerah Jakarta dan sekitarnya, harganya cukup 35 ribu rupiah saja, sudah termasuk ongkir ;).

Salam
JIHAN on behalf of
-Bunda of Arabia-

4 comments
  1. klo utk dikirim ke US berapa mbak totalnya? 😀

  2. iya saya udah pesen 1 sama mahasiswa indo yang di istanbul//belum sempet di ambil sama kang aji

  3. Je…harga plus ongkir ke oz brp? Gw tek satu ya. Japri ke email gw ya say *ga pnh buka fesbuk*Keren bgt deh.salut.nambah lg tmn gw yg nulis buku.more sakses tu come ya 🙂

Comments are closed.