Anker … Anak-Kereta

Eh, istilahnya masih hits gag sih? hehehehehe…

Waktu baru lulus, tempat kerja pertama gw di cikini! Masih kos pula gw di Depok. Jauh yaaaa… Cikini – Depok. Tapi dengan adanya KRL ekonomi (sekarang ganti jadi commuter, ato itu beda lagi apa gimana sih?), Cikini – Depok itu cuma 30-40 menit sajah ^_^.

Waktu kuliah, gw emang shock kalo liat isi si kereta ekonomi ini. Terus, hari pertama kerja (tahun 2002), gw niat banget. Sarapan nasi ampe 2 piring biar ada tenaga tambahan bertarung naik kereta hihihihi…. boro-boro deh tenaga tambahan, lagi naek ojek, minta balik ama si abang ojek, kebelet pengen pup lagi hahahahahaha….

Jadilah, rencana hari pertama naik kereta sebelum jam 6 pagi, molor jadi jam 7 an kurang. Bisa diduga, waktu kereta dateng gw istighfar berkali-kali, dan menerobos naik kereta via pintu yang gw rasa paling masuk akal ditembus sambil tutup mata! hahahahahaha…. membabi buta lah pokoknya. Pas rasanya udah masuk, baru deh melek dan geser-geser ke dalam. Ehhh, ternyata yang di dalem gag segitu penuhnya. Biarpun gag dapet duduk, tapi lumayanlah.

Hari kedua dan seterusnya, menerapkan hal yang sama. Kereta dateng, istighfar, naikin satu kaki, tutup mata, dan menerobos kaya banteng, tapi kadang kedorong ama orang yang di belakang jadi bisa hemat tenaga juga :P. Dan hanya butuh waktu sekitar semingguan untuk bisa terbiasa. Lama-lama gag pake tutup mata malah ikutan ngikik-ngikik kalo ada acara dorong-dorongan. Sinting ih, gag inget gw kenapa gw suka ngikik dulu. Dan juga jadi belajar : “ooohhh, berdirinya kudu deket-deket jendela biar kena AC (angin cepoi-cepoi). Ini gw masih sendirian, belom pake acara geng-geng an. Naiknya masih dari stasiun UI. Harga kartu abonemen waktu itu untuk sebulan cuma 17 rebu rupiah. Ya, gimana si gadis irit ini gag terpesona ama si KRL ekonomi cobaaaaa :P.

Gambarnya comot dari jakarta.okezone.com

Lama-lama temen kantor ternyata banyak boooo yang suka ber KRL ria. Bikin geng deh kita, hip-hip huraaaa :P. Pergi bareng, dan karena mereka kbanyakan naiknya dari Stasiun Pocin, gw pun ganti haluan. Ke stasiun udah gag mesti pagi-pagi, jadi babai tukang ojek, kita nebeng bis kuning ajeee :P. Tapi gag berapa lama gw pindah kosan juga ke margonda biar lebih ngirit lagi (gag perlu naek ojek kalo pulang malem hihihihihi).

Nah sejak nge-geng, jadi asik deh acara nungguin kereta. Yah, yang namanya disiplin waktu mungkin ada di prioritas terakhir dari masalah penjadwalan si KRL ekonomi di kala itu (emang sekarang udah disiplin? :P). Kadang baru dateng, beberapa detik keretanya nongol. Kadang kita udah ngobrolin dari soal gosipin artis A ampe Z, ngomongin lowongan kerja di kantor lain hihihihihi, ngomongin tukang kue yang biasa mangkal tau-tau absen, gosipin penumpang lain yang emang orangnya itu-itu juga, mana ada BB jaman segitu boooo…. pokoknya udah bergelimang dosa lah kita gosipin macem-macem… tetep tu kereta gag nongol-nongol.

Jangan dikira happy ending terus nih perjalanan dari Depok-Cikini dan sebaliknya. Pernah saking penuhnya, nyampe cikini jilbab gw ampe copot boooo huhuhu, pernah mandi keringat ampe kemeja basah banget ampe keheranan orang satu lift hihihihihi (ni anak lari apa ke kantor? :D). Hanya Tuhan yang tahu kondisi temen-temen seruangan gw di hari itu karena jaman itu gw masih males pake deodorant hahahahahahahaha…..

Alhamdulillah, bertahun-tahun jadi pelanggan setia KRL gag perna sekali pun kecopetan! Perna sekali tas gw disilet. Tapi itu pun yang kena adalah tas 15 rb an gw yang udah kena sorotan dari seluruh dunia : “wwwoooiii ganti nape itu tas!!” … jadilah memang mungkin itu adalah cara terbaik untuk mengucapkan perpisahan pada tas hitam mungil dari bahan beludru gadungan itu :P. Dan sekalian teguran : “Jadi orang jangan kikir-kikir amat napa siiihhh?”

Dan akhirnya si abonemen mencapai angka 45 rb untuk sebulan. Tetep murah sih, tapi terpikir naik bis. Tapi gimana yah, tetangga kamar sebelah di kosan kerja di kuningan. Si doi jam 5 subuh udah rapi, udah ngonci pintu, siap-siap ke terminal buat naik bis. Katanya biar dapet tempat duduk. Gw bilang : “Pagi amat sih. Santai aja kali? Berdiri bentar kan gag papa.” Dijawab ama dia : “Bentar apaan… kadang bisa 2 jam baru nyampe” … haaaaaa????? 2 jam? bubarrrr, gag perna sekalipun gw naik bis ke kantor!

Tapi dasar yah transportasi murah meriah, yang namanya mogok pernah juga. Tapi gw tenang lah kalo ada acara mogok, karena kan banyak temen-temen lain di kantor yang sama yang naek kereta :P, jadi alibi nya bisa rame-rame. Makanya jangan boong alasan kereta mogok kalo telat, pasti ketauan deh ;).

Yah, naik KRL ekonomi kala itu emang “benci tapi rindu”. Udah muak tapi gimana, cepet booo, ngemat waktu kan? daripada naik bis, idihhh amit-amit daaaahhh… Tapi kadang kalo kereta mogok gak kira-kira kita patungan naik taksi rame-rame hehehhehe… rame-rame nya bisa gag kira-kira. 5 orang satu taksi! :P.

Begitulah, hari-hari gw selama ampir 4 tahun diwarnai dengan PP kosan – kantor – kosan dengan naik KRL ekonomi. Yah, kadang nyobain kereta eksekutif sih, cuma bisa diitung jari lah. Roda kehidupan kan terus berputar yeeee, pindah kantor lah gw ke BEJ, tapi tetep kos di depok, jadi tetep ngandelin si KRL ini. Lama-lama, karena jalur udah berubah, gag dapet temen yang seru kaya rute cikini (I mean it, miss U guys :P), gw pindah deh kosan ke pancoran. Dan berakhirlah era naik KRL – ekonomi ini ^_^ …

Sayang yah, transportasi satu ini entah kurang mendapat perhatian ato gimana, kog gag dijadiin prioritas perbaikan sarana angkutan umum yah. Padahal menghemat waktu banget loh. Biarpun sedikit keringetan (kadang-kadang kooookkk :P), ato mesti ublek-ublekan, gw sih tetep milih naek KRL ekonomi dibanding mesti naik bis.

Apa kabar geng pocin gw? masih pada naek kereta gag sih cuy? 😛

5 comments
  1. Yihaaa sama teh, saya jg mending naik kereta dr pada naik bis. naik bis nggak tahan ngetemnya, macet di tengah jalan.. haduuuhh udh stess duluan.

  2. Buat anak kos, paling reasonable ya ngekos deket kantor. Jd lebih cepet tua euy kl kos jauh dr kantor. Dan kontributor utama early aging gw adl kereta!! kyk kepiting rebus tiap hari 🙁

  3. @Siti : iya yaaaahhh, kereta is the best deeehhh :P. Tapi ya lumayan encok juga kalo dipikir2, dulu sih masih muda belia, masih masa pertumbuhan jadi kuat-kuat aja ngadepin pertempuran naik kereta KRL ekonomi 😛 …. @Santi : berarti lo belum ketemu taktik2 naik kereta biar gag jadi kepiting say hehehehe, ada loh tips2 nya biar bisa tampil resik baik sebelum masuk maupun setelah keluar dari KRL ekonomi 😛

  4. aih ada mantan anker.. aku juga anak anker sampe sekarang..naek turun di pocin coz rumah di kukusan..dulu pas kuliah juga anak anker coz dulu rumah ortu di bogor..emang naek kereta tuh paling tob deh..paling tob cepetnya (kalau lagi gak angot yee keretanya). tadi pagi aja lagi angot tuh, ada kereta ekonomi yang patah Pantographnya di stasiun Tanjung Barat.. Gak ada kereta yang jalan dari jam 6.15 sampe jam setengah sembilan blum bener juga! Bayangin aja dah penuhnya kaya gimana stasiun pocin.. Tapi walaupun begitu tetep setia nungguin kereta sampe jalan dibanding naek bis coz jatohnya malah lebih lama naek bis dibanding nungguin kereta bener.. Temenku yang naek bis nyampe kantor jam 10, padahal aku yang tetap setia menanti kereta jalan jam 8.45, jam setengah sepuluh kurang dah leyeh leyeh nyampe kantor

  5. Bener banget Mbak Amel hehehe… kereta is much better deh, compared to bis yaaaa 😀

Comments are closed.