Kerja Luar negeri TKW arab

Huru hara kisah TKW di padang pasir

Multiply jadi terbengkalai gini hehehehehe, curang dikit ah, nyomot 1 note dari fesbuk buat disini :D. Biar gag kosong2 amat :P…

———————————————————————————————————————————-

Yaaahhh, setelah menahan diri sekian lama untuk gag ikut2 an gede omong soal ini hihihihi, akhirnya gag tahan juga buat cuap2 hehehehe…

Gambar : berita.plasa.msn.com
Gambar : berita.plasa.msn.com

First of all, gw sebel sama keputusan moratorium pemerintah yang memutuskan per 1 agustus besok, no more pengirimiman TKW ke negara lain (ato cuma saudi sajakah? cmiiw plis..). Ya,ya gw tau dari kejadian ini banyak yg malah ngeluarin pernyataan2 emosional kaya : “idih, gag ada ya negara lain yg ngirimin TKW ke saudi, dasar Indonesianya aja yg gag tau malu!” …. para ibu rumah tangga yang berkali2 bermasalah sama pembantu rumah tangganya di Indonesia seolah ‘bersorak’ di timeline twitter maupun facebook : “makan tuh para pembokat gag tau diri, gw doain lu ke arab disiksa disana abis kerja disini juga pada ngeselin, minta pulang kampung mulu” …

The truth is…. apa kalian semua kira hukuman pancung yg dialami Ruyati bisa meruntuhkan semangat luar biasa para wanita2 super ini untuk meninggalkan kampung tercinta untuk mengejar riyal di saudi? Heloooo…mereka mungkin lebih takut kalau suatu hari nanti mereka masih diberi umur panjang dan mereka harus menyaksikan anak cucu mereka jadi pembantu lagi!! tidak pada tempatnya kita berkoar2 soal harga diri di depan orang2 yang jangankan mikirin sekolah, buat mikirin ini anak gw besok makan apa aja bikin mereka stres :(. And speaking about sekolah…. yah, anda para ibu rumah tangga yg lebih beruntung ada di posisi ‘majikan’ juga tau dong betapa uang sekolah sekarang ini udah kaya lintah darat. Sekolah biasa yang dengan pedenya sok2 pake bahasa inggris sebagai bahasa pengantar berani mematok harga belasan even puluhan juta rupiah untuk 1 murid! Dan dengan gaji 500 rb yang kalian berikan kepada pembantu kalian tiap bulan (okelah tepat waktu okelah gag pake disiksa) masa depan apa sih yang coba kalian tawarkan kepada mereka????? Sebagian dari mereka juga seorang ibu seperti kita para majikannya. Seorang ibu yang mungkin dalam doa2 nya di malam hari mengangkat tangan dan berbisik2 kepada Tuhan “Ya Allah semoga anak gw kelak jadi presiden! Amin…”

Gw sih gag bilang “ayoooo kita naikin aja gaji pembantu kita 2 juta tiap bulan biar mereka gag perlu ke luar negeri!” … itu sama konyolnya. Jangankan naikin gaji, sekedar ngasi libur sehari seminggu kepada para pembantu rumah tangga apa ada yang mau?????

Ayolah, apa gag cukup tuh ‘derita’ mereka menyandang status sebagai ‘pembantu’? Mari mulai dengan hal2 kecil dulu :

1. mulailah dengan membiasakan menyebut mereka dengan istilah asisten RT

2. Berikan libur, encourage mereka untuk sekedar jalan2 dengan temen2 nya pas abis gajian. Gw bukannya sok baik, gw dulu menerapkan ini ke mbak gw (hai,hai mbak Sum :D), dan beneran loh, kalo abis libur gitu begitu mereka balik ke rumah kita jadi tambah semangat kerjanya :). Wajar toh, hati senang abis rileks sebentar begitu balik kerja jadi fresh lagi ^_^ ….

3. Mungkin bisa kita tawarin ke mereka untuk ikutan kejar paket A dan kejar paket B atau bahkan C. Dan semangatin mereka untuk jangan terus2 an menjadi pembantu. Idih, rugi dong ah, apalagi kalo udah dapet yg cocok, tapi percaya deh insya allah majikan yang baik akan dapet pembantu yang lebih baik lagi, kecuali Yang Di Atas punya kehendak lain kan untuk menguji kita ;)….

4. Dulu udah ribut gw nyari2 tempat kursus bikin kue dan kursus masak buat si embak, karena si doi top banget deh di dapur. Awalnya pengen kursus jahit tapi si doi nampak ogah2an dan lagian eyke juga gag punya mesin jahit :(. Sayang, invitation letter dari majikan gw udah keburu dateng dari Arab dan mental gw tidak cukup kuat menghadapi para kerabat yang tidak henti2nya ngeledekin gw dengan ucapan : “Ih, dia takut tuh ditinggalin ama pembantunya makanya pembantunya diperlakukan kaya ratu” … aih,aih cuma ngasi libur aja, ngebebasin si doi makan apa aja yg ada di rumah, ngebiarin si doi nonton tipi di ruang tamu, duduk di sofa keluarga, masa iya kaya ratu? :(….

5. Wajar lah kalo pembantu yg muda2 jaman sekarang pengen bergaya pake HP lah, pake ini itulah, dengerin aja curhatnya, senyum2 aja, berikan barang2 kita yg udah gag kepake biar bisa dipake sama mereka, jauh amat nyumbang2 ke panti asuhan ama korban gempa, tuh di rumah juga ada yg layak menerima kan ;).

6. Dan jangan patah arang kalo kita udah baik2 ke mereka eeehhh mereka tetap minta berhenti juga hehehehehe…. Maaf lupa ayat berapa dan dimana yang kira2 bunyinya begini : “Bila kalian melakukan suatu kebaikan kepada orang lain sesungguhnya kalian sudah berlaku baik kepada diri kalian sendiri” … gag main2 loh, yg ngomong si empunya semesta jagad raya ^_^ ….

Yah, kalo urusan koar2 ke pemerintah kan bisa sambil jalan dengan ide2 sederhana ini. Resikonya mungkin suatu hari kalau kita terus2 an ‘memoles’ setiap pembantu yg kerja di kita untuk meninggalkan pekerjaannya sebagai pembantu eh asisten RT :P….suatu hari bukan tidak mungkin mereka semua udah males jadi pembantu ^_^ …. yaaaa, jadinya kita semua gag bakal punya pembantu dong! tapi heyyyy, coba tengok di negara maju, memangnya mereka kenal kata pembantu eh asisten RT 😉 ….

Membenahi pendidikan? memperluas lapangan kerja? itu kan bukan kerjaan 1-2 tahun…ketambahan lagi masalah koruptor bla bla bla, yg model kaya2 Melinda ama nyonya Nunun aja gag beres2 (btw, si ibu Nunun kemana sih, gw ada perlu dikit euy, pengen minjem satu aja dari sekian koleksi tas hermesnya hehehehehe)…. dan apakah logis secara emosional kita mengeluarkan moratorium penghentian TKW? gimana kalo Saudi nya bebal. Mereka kan tinggal buka pintu gerbang buat negara lain. Malah takutnya nanti negara lain yg ambil kesempatan, memoles TKW nya baik2 dan kirim ke saudi dengan perjanjian gaji yg lebih okeh. Tinggallah kita gigit jari. Yg cari makan di ladang minyak disini bukan cuma orang Indonesia cing!

Dan tolong dong jangan disangkut2 in urusan ini ama agama, di twitter rame timeline soal katanya di Hongkong dan negara2 non muslim lain, TKI diperlakukan lebih manusiawi daripada di Arab, negeri tempat turunnya Rasul terakhir dan agama Islam. Well, Islam itu rahmat yang ditujukan buat seluruh umat manusia, bukan buat bangsa arab doang! gag berani nulis dalam bahasa arab takut salah ato keserimpet hehehehe….

Makanya jangan nilai orang dari panjang pendeknya jilbab yang dikenakan, jangan dinilai dari berapa banyak ayat yang keluar dari mulutnya, seberapa bagus tajwidnya dalam membaca al quran. Hati manusia itu kuasa Allah semata 😉 dan Allah yang berhak membolak balik hati manusia. Konon salah satu sohib gw disini bilang Allah lebih mencintai orang yg kurang ilmu tapi dermawan timbang orang yg banyak ilmu tapi kikir. Itu hadis ato apa sih bunda Rani? tolong diklarifikasi hehehehehe….

Demikianlah tausiyah dari ustadzah Jihan hihihihihi…. yuk, seiring dengan duka yang mendalam untuk Ibu Ruyati (semoga Allah membukakan pintu maaf untuk beliau dan menyediakan tempat terbaik untuknya di sisi Nya)… mari kita lihat ke dalam diri masing2 (mudah2 an tanpa emosional dan impulsif) apa ada yg bisa kita lakukan untuk para TKW atau orang2 yang mencari rejeki dengan menjadi asisten rumah tangga ini. Minimal dengan tidak membeda2 kan piring dan sendok makan mereka mungkin? kecuali kalo mereka emang punya indikasi penyakit tertentu hehehehe…. Pelecehan itu bukan hanya secara fisik, ucapan2 sekedar “dasar pembantu” juga bisa dianggap melecehkan mereka secara batiniah. Sedaaaappp…ini gw ngomong apa ya dari tadi hahahahaha…

Sok tau ya gw? ah, engga juga, coba aja tanya tetangga2 gw dulu di Laguna… hayooo siapa tuh ibu2 di kompleks yang rasanya lebih banyak berinteraksi dengan para pembokat ketimbang sesama ibu2 yang lain hahahahaha… makanya kalo disangkain pembantu disini kog lah ya ndak berasa apa2 ya di gw hahahahahaha….

4 comments
  1. hehehe.. gw malah cuek loh makan dimeja yg sama dengan para penolong dirumah gw 😀

  2. themamah said: apa kalian semua kira hukuman pancung yg dialami Ruyati bisa meruntuhkan semangat luar biasa para wanita2 super ini untuk meninggalkan kampung tercinta untuk mengejar riyal di saudi?

    Betul mbak.. aku toe salut banget sama para wanita TKW dari Indonesia. Mereka toe rela menjalankan hidup di negeri orang yang mungkin sama sekali asing bagi mereka, tetapi mereka lakukan itu semua demi keluarga yang mereka cintai.Yang aku sayangkan adalah – kadang para TKW ini seolah tidak mendapatkan perlindungan hukum yang baik gitu lho.. padahal apapun dan siapapun mereka – mereka itu adalah juga pahlawan devisa lho bagi negara Indonesia 😀

    1. Yyyyiiiuuukkk 😛

Comments are closed.