Hypnobirthing? Emang ngaruh?

Tibalah kita di postingan tentang pengalaman gw dengan si hypnobirthing ini. Dari persalinan Abil sama Narda gw merasa sangat terbantu karena menerapkan teknik relaksasi ala hypnobirthing ini :).

Hypnobirthing relatif baru sih ya kayanya, websitenya silahkan link kesini aja.

Dulu pas hamil Abil, gw takut banget sama yg namanya melahirkan dengan cara normal. Ngeri duluan denger cerita orang-orang hehehe, tapi gw lebih takut lagi sama yang namanya operasi. Gag rela perut gw dibelah-belah pake pisau huhuhu.

Nanya-nanya ke nyokap jawabannya cukup sadis, “ya melahirkan emang sakit, apalagi anak pertama harus kuat sampe seharian nahan sakit” Huaaaaaa…. bener-bener dah emak gw bukannya boong dikit biar gw gag takut hehehe.

Mulailah gw melakukan searching via om Google, keyword yang gw pilih pas banget : “melahirkan tanpa rasa sakit”. Yang ternyata kalimat ini adalah tagline nya si hypnobirthing itu. Mang jodoh :D. Mulailah berkenalan dengan si H ini. Beli bukunya dapet bonus CD yg ada panduan relaksasinya. Coba2 deh latihan relaksasi pake CD gratisan itu hehehe.

Ternyata ada kelas khususnya katanya, di RS Bunda – Menteng waktu itu. Harganya gag murah. Tapi setelah gw baca-baca berkali-kali bukunya dan artikel-artikelnya di website, kayaknya latihan relaksasi ini bisa kog dilakukan sendiri di rumah. Cuma mungkin butuh kedisiplinan kali ya, kalo ikut pelatihan khusus kan enak, rame banyak temen :D.

Tapi karena uda telanjur terbiasa latihan sendiri gw males ikut pelatihannya. Dan tentu saja…biar ngirit! Hahaha.

Ini bukan proses hipnosis ato semacamnya loh ya. Bener-bener cuma teknik relaksasi aja yang sebenernya berlaku umum gag cuma untuk proses melahirkan saja. Mungkin booming nya di proses melahirkan sebagai jawaban atas maraknya proses kelahiran yang dilakukan via operasi instead of lahiran normal. Konon kebanyakan dokter-dokter kandungan di Jakarta malah semangat kalo pasiennya minta operasi hehehe :p.

Memang sih, pas hari persalinannya, sempet lupa saking takut dan tegangnya karena nahan kontraksi. Melahirkan anak pertama dulu gitu. Padahal masi bukaan 3, gw udah cakar-cakar gorden hahaha. Untung akal sehat langsung jalan.

Gambar : theorangegroveclinic.co.uk
Gambar : theorangegroveclinic.co.uk

Gw langsung inget, proses pembukaan bisa aja memakan waktu 20 jam kalo terus-terusan kayak orang gila bisa keabisan tenaga beneran gw. Makanya pelanpelan deh praktekin teknik pernafasan/relaksasi ala hypnobirthing. Waaaahhh, bener-bener jitu loh :).

Malah waktu lahiran pertama karena gag tegang dan rileks sepanjang proses kontraksi, pas si doi lahir, gw malah segerrrrr banget rasanya :D. Gag pake bius apa-apa, cuma bius lokal pas acara jahit-jahit an aja :P.

Lahiran jam 10 malam, 3 jam kemudian dah pup sendiri ke kamar mandi hehehe, jam 6 paginya udah mandi sendiri dan bener-bener kayak biasa aja deh. Jalan-jalan kesana kemari. Padahal tidurnya paling cuma 5 jam saking gag bisa tidurnya karena kesenengan abis lahiran :).

Lahiran anak ke-2 lebih asoy lagi. Sampe bukaan 8 masi enteng aja rasa kontraksinya. Cuma sayang aja prosedur lahiran di Jeddah ini emang mengharuskan sang calon Ibu pake macem-macem anestesi menjelang lahiran biarpun kita gag pengen :(.

Jangan mikir macam-macam yah, ini asli cuma teknik relaksasi biasa gag pake ilmu sihir dan bla bla bla hehehehe, mengandalkan teknik pengalihan pikiran juga sih dikit. Insya allah kalo rajin latihan pas hari H nya, bisa refleks kog nerapinnya :).

So bu-mils, sok lah dicoba-coba sendiri teknik relaksasi nya di rumah, lagian proses kelahiran normal itu kan sesuatu yang natural kog, semua wanita PASTI bisa tanpa diapa-apain juga. Jangan sampe milih SC (operasi caesar) hanya karena takut menghadapi kontraksi ^_^ .

Tapiiiiii kalau memang ada indikasi kelainan atau kekhawatiran tertentu ya jangan nekad ngelawan dokter kalo disuruh menempuh jalan operasi yaaaaaa ;).

5 comments
  1. mauuuuuuuuuuuu… ajarin dunk mbak…..

  2. ehhh, coba beli bukunya say….karangan si evarini andriani itu si empunya web hehehehe…. nanti dari situ bisa baca2 banyak kog :). Banyak latihan yg paling penting :D.

  3. wahhh..berarti siap dong mba untuk kelahiran ke 3,4,5, dst dst hhiihihihi…

  4. hahahahaha…. kalo punya anak itu masalahnya cuma pas ‘melahirkan’ doang, hayuk aja deh mba :D….

  5. haha..sama banget yaaa.. puyengnya klo udah urusan bangun2 malem, sakit, rewel, dst dst urusan membesarkan anak lainnya wkwkwkwk…

Comments are closed.