Mendidik anak di lingkungan yg serba konsumtif

Hmmm…lagi rame nih di FB, di twitter, via BBM, berita soal anak yg kena tikam gara2 pengen direbut BB nya. Belakangan di fesbuk, via salah satu status temen, gw dapet berita itu gara2 si penikam adalah bekas sopir ortu si anak yg menyimpan dendam… ck ck ck :(….

Terus tadi baca postingan salah satu contact yg curhat masalah anaknya yg minta BB. Hmmm…di Jakarta seputaran BB ya? iya sih, 2 anak tetangga gw dulu di Jakarta, kelas 4 SD, emang udah ber BB ria. Geli aja yah kalo inget dulu di suatu sore, mreka ujuk2 ke rumah gw : “Tante, bagi pin BB nya dong” … gini neh kalo salah pergaulan, ibu2 1 anak dimintain pin BB ama anak umur 10 tahun hahahahahaha…..

Tau gag kalo disini yg gw liat lagi rame apaan….Ipad boooo… ck ck ck…. ngeliat anak tetangga gw umur 3 tahunan dah lincah bener ber Ipad ria :D… demi Tuhan, biarpun judulnya orang IT, gw ampe sekarang gag perna nyentuh yg namanya ipad itu hihihihihi….. Dan beberapa anak temen2 suami yang sesama telco engineer emang udah beliin ipad buat anak2nya… duuhhhh *tepokJidat* …. gw suka gelagapan kalo ditanyain ibu2 lain : “mba Jihan, ntar kalo ipad nya kenapa2 bantuin dong ya….” maaakkk, mati gw =)) ….

Ndak takut ntar si Abil mupeng? Alhamdulillah, mungkin karena sehari2 emang masi lebih banyak ama Papa-Mama nya yang emang kebeneran nda tergila2 ama barang gituan, jadi si doi mupeng-nya paling pas ngeliat temennya pake gituan aja. Nanti kalo dah di rumah lupa lagi, yah soalnya di rumah gag dibiasain :). Gw dulu beli BB juga belinya yang seken, setahunan mikirnya, itu pun beli gara2 kaka gw merengek2 minta gw beli BB nya yg lama karena dia mau beli yg baru hehehehe…. dan setelah gw peres abis2 an, BB bold nya bisa gw beli dengan harga miring :P…. sodara yg licik *janganDitiru*.

Soal didikan kaya gini2 an sih, gw bersyukur juga punya pendamping seperti si Pops :). Si Pops yg mentalnya jauh lebih kuat dari gw. Gw kadang masi suka kasian kalo Abil merengek2 minta beli ini itu. Suami gw yg lebih disiplin dan lebih lihai dalam ngebujukin si Abil. Makanya sampe sekarang kita berdua tenang2 aja kalo bawa2 Abil terus ngelewatin toko2 tempat mainan segambreng…. si doi gag bakal membabi buta lah :p. Dia udah nyadar gag guna mengemis2, ortu nya tahan banting ^_^.

Ini salah satu contoh keberhasilan mendidik ala mertua gw, menurut gw pribadi yaaaaa :). Mereka orang berada dari dulu, tapi sanggup mendidik anak2 nya (suami gw + kaka2 nya) menjadi anak2 yg mandiri (secara materi) dan gag mupeng an…. malah kadang dicap pelit ama orang2 (tmasuk ama istrinya sih kadang2 hahahahaha… ampun bang :D). Mnurut gw jauh lebih susah loh menahan diri untuk tidak memanjakan anak2 dimana kita punya kemampuan untuk beli apapun yg mereka minta, bahkan diberi kemampuan lebih. Beda lah, kalo kita gag manjain anak gara2 ortu nya ya emang pas2 an hehehehe, yah kaya gw dulu lah hahahahaha… hematnya karena terpaksa! :D…. Dari jaman pacaran dulu, suami gw gag perna la yaowww bujuk2 in sang pacar kalo lagi ngambek pake embel2 materi hehehe… jadi si pendamping sudah ditraining ney ceritanya dari jaman pacaran =)) …. alhamdulillah kayanya lulus, jadi bisa naik tingkat jadi bini :D…

HP yg dipake suami gw itu, masi Hp nokia yg jadul. Keyboardnya aja bukan model qwerty…masih keypad model lama yg bikin stres kalo mo nulis sms panjang2 :D…. pdhl sebagai orang telco, kadang orang ngirain punya hp keren itu wajib, kata suami gw ya gag nyambung lah, wong kerjanya belakang layar kog hehehehe…. ngurusin sistem bukan ngurusin hp nya! :D… Kadang gw gregetan maksa2 si doi beli2 baju, secara udah bertahun2 betahhh banget pake yg itu2 aja…alasannya : “ah, udah ganteng begini dek, gag takut nanti kalu pake baju bagus2 banyak yg naksir” hahahahahaha, mati gaya gag tuh jadi bininya? =)) …..

Memang sih gw liat, mertua gw mendidik anak nya itu dengan CONTOH. CONTOH nya siapa? ya diri mereka sendiri :). Percuma ngajarin anak2 hemat, sementara ortunya petantang petenteng depan anak pake barang2 mahal hehehe….

Yah, mudah2 an gw juga lama2 bisa ketularan sepenuhnya yah. Dan gw ama si pops bisa menjadi partner yang baik (syukur2 bisa ngikutin mami papi nya si Pops :D) dalam mendidik anak2.

Iya sih, kalo liat isi apartemen gw dsini bagaikan bumi dan langit dah ama tetangga depan hihihihi… Mereka punya 2 TV segala, satunya 52 inch, wii jg gag ketinggalan, punya home theatre, dengan pernak pernik rumah sebagian besar beli di IKEA. Isi apartemen gw? hahahahahaha… satu sofa mungil (ehhh, ini juga beli di IKEA lowh tapi emang beli yang pualinggg murahhhhhh) di ruang tengah yang super luas + TV sebiji 24 inch :D. Tapi gag ngiri2 an ah, la ya tetangga gw baik banget kog orangnya (alhamdulillah), jadi kalo pengen duduk di sofa empuk + nonton film di layar gede ya tinggal ngesot dikit, malah si nyonya rumah nya jago masak, jadi sambil nonton gw bisa sambil ngemil…. tetangga tak tahu diri hahahaha….

Tapi sssttt…isi rumah kita yang di Jakarta juga sama aja kog hihihihihi… sama mirisnya :D. Tinggal sih boleh di pejaten barat, isinya? hahahahahaha…. kaya isi rumah kontrakan kata temen2 gw yg perna maen kesana :P….

Penting buat digarisbawahi dalam soal didikan anak, mandiri secara materi bukan satu2 nya tolak ukur loh yaaaaa, masi panjang dan berendeng lah ‘tugas’ kita sebagai orang tua :). Cuma mungkin tantangan yg lebih kasat mata ya urusannya gag jauh2 dari soal materi itu :D….

1 comment
  1. themamah said: Penting buat digarisbawahi dalam soal didikan anak, mandiri secara materi bukan satu2 nya tolak ukur loh yaaaaa, masi panjang dan berendeng lah ‘tugas’ kita sebagai orang tua :). Cuma mungkin tantangan yg lebih kasat mata ya urusannya gag jauh2 dari soal materi itu :D….

    like this….*hug*

Comments are closed.