Banjir di Jeddah Januari 2011

Horor nyaaaaa huhu. Emang sih, tahun lalu udah denger nih heboh di berita-berita (nyampe ke Jakarta segala), tahun 2010 tuh Jeddah dilanda banjir. Banjir di Jeddah Januari 2011 pun nyusul.

Lah, ini negara padang pasir kog bisa-bisa nya mendadak jadi danau? :D.

Terus pas udah di sini, awal-awal winter, gw udah terasa… di Jeddah ini, hujan setetes demi setetes aja dah bikin orang panik. Yah namanya orang-orang sini gag biasa liat ujan, jadinya mendadak macet aja gituh karena orang tiba-tiba nurunin speednya abis-abisan kalo ujan turun. Hindarin genangan air yang paling cuma 2-3 cm.

Gw ama suami gw ngakak-ngakak dalam mobil hehehe. Mobil mahal ni yeeee…takut bener dah ama aer hahaha.

Sebelum ‘puncak’ banjir di tanggal 26 Januari kemaren, udah sering banget banjir-banjir kecil-kecilan gitu. Terutama di daerah Sharafiyah. Sayangnya, di daerah inilah pemukiman orang Indo paling banyak :(. Kegiatan ibu-ibu yang gw ikuti juga banyaknya di daerah ini. Termasuk juga toko-toko indonesia yang paling lengkap dan sering kita datengin.

Untung aje, suami gw mau ngerogoh kocek dikit buat tinggal di daerah yang agak ‘beda’ hehehe. Jarang-jarang boooo haha. Jadinya daerah tempat tinggal gw (Mushrefah) emang lumayan selamat dari acara banjir-banjiran ini ;).

Sebenernya hari rabu itu (26 januari), ibu-ibu arisan sudah ada rencana jalan-jalan ke Madain Saleh. Tapi rabu-nya kita mau ngumpul di Madinah dulu. Hotel segala udah dibooking, pokonya tinggal nunggu suami masing-masing pulang trus cabut deh ke Madinah.

Apa daya, dari jam stenga 10 pagi, tau-tau aja hujan turun. Sumpah, gag deres sama sekali. Untuk ukuran Jakarta sih hujan cimik-cimik doang. Tapi untuk ukuran Jeddah, emang udah heboh gitu. Manalagi durasinya panjang bener. Sampe jam 4 an sore, belum berhenti juga!

Singkat cerita, beberapa tempat di Jeddah otomatis langsung terendam! Foto diatas kalo gag salah di Palestine Road deh, setengah Medina Road juga udah tenggelam, daerah Sharafiyah udah ‘tewas’ lah, akses keluar makin susah :(.

Banjir di Jeddah (gambar : foto.okezone.com)
Banjir di Jeddah (gambar : foto.okezone.com)

Jadi pada gigit jari deh gag bisa ke Madinah hari itu huhuhu. Wong nunggu suami aja ada yang subuh baru suaminya bisa pulang ke rumah. Alhamdulillah seputaran rumah gw, jalanannya tergenang sekitar 10 cm saja. Tetep aja yeee, suami gw nyampe rumah jam 7 malam! Jam stenga 5 dari kantor huhuh.

Manalagi pake acara mati lampu! bayangin itu mati lampu dari jam stenga 4 sore ampe jam 7 pagi besoknya!! *nangis*.

Tetangga gw nganterin mertuanya ke bandara, mau pulang ke Indonesia. Pesawatnya ampe delay 13 jam sajah ck ck ck -_-. Jadinya dari jam 5 sore gitu lantai gedung gw cuma gw seorang + anak sulung, Iyaaaaa, di lantai paling atas ini, apartemennya cuma 2, gw ama temen gw itu huhuhu.

Dia sih enak, dari bandara langsung cabut ke Madinah. Jalanan di luar kota mah aman tenteram, banjir hanya milik Jeddah seorang :(.

Banjir di Jeddah (gambar : foto.okezone.com)
Banjir di Jeddah (gambar : foto.okezone.com)

Malemnya, udah pasrah. Makan indomie aja, pake senter cupu buatan cina yang nemu di bakala kecil deket rumah. Gag prepare nih. Lilin jarang banget yang jual disini :(.

Jam stenga 9 malam udah pada siap-siap tidur, gag ada keinginan ke Madinah lagi. Tunggu besok lah. Temen-temen gw dah ribut pada bbm an mau nekat berangkat tengah malem, nunggu suami pulang dulu. Tapi apa tega yeeee, itu suami berjuang nembus banjir nyampe rumah, harus ekstra kerja keras lagi keluar Jeddah? Huhuhu.

Gw mah realistis sajah, uang booking pake acara gag bisa di refund pulak. Melayang deh booking an satu malam di hotel.

Manalagi, struktur rumah disini gag disiapin buat ngadepin hujan dalam waktu yang lama begitu. Air pada merembes ke dalam rumah lewat jendela. Dikerahkanlah semua bed cover buat nutupin air jangan sampe pecicilan kemana-mana hehehe. Kesian kan si perut buncit, menjelang magrib, mumpung belum gelap, sibuk ngepel sana sini. Takutnya anak gw yang suka blingsatan kesana kemari kepeleset kena lantai licin :(.

Biarpun si anak sulung ini ceritanya emang lagi agak flu (demam pilek batuk), tapi energinya masih nyisa banyak deh hehehe.

Tapi sepanjang malem itu, suara sirine dimana-mana, selang-selang gede berseliweran di jalan, berisik banget karena banyak helikopter lalu lalang. Kayanya serius banget deh pemerintah Jeddahnya turun tangan. Biarpun super bising, akhirnya 3 anggota keluarga Rosyadi bisa tidur lelap ampe pagi. Zzzzzzzz…

***

2 comments
  1. waduh riweh juga ya kelihatannya..mgkn karena nggak pernah banjir ya? mungkin bisa studi banding ke fauzi bowo tuh mbak hehehe…

  2. Iyah mba, masa jalanan2 disini tuh gag ada resapan airnya, lubang air aja gag ada coba, ya terang aja pas hujan, airnya bingung mu kemana? hehehehehe…. nanti deh suru jalan2 ke Jakarta biar studi banding sekalian sama om Kumis “serahkan pada ahlinya” ^_^

Comments are closed.