Rekapan 3 bulan Tinggal di Kota Jeddah

1. Di saudi ini, terutama di Jeddah, sama sekali bukan tempat untuk ibu ibu kayak gue –> yang punya ambisi terselubung, “Ntar gue pasti bakal bisa masak kalo tinggal di luar negeri”. Hahaha.

Berkaca dari pengalaman beberapa orang yang emang mendadak jago masak karena ‘keterpaksaan’ saat harus tinggal di luar negeri hehehe.

Di Jeddah? Ya ampyuuun, restoran – toko – katering makanan Indonesia berhamburan di mana-mana :D. Harganya pun sangat ‘wajar’, biarpun tetep lebih murah ya boo kalo masak sendiri.

Jadinya ibu ibu kayak gue pun tetep aja ‘manja’ soal masak memasak di sini hehehe. Katering terooooosss =)).

2. Punya pembantu pun bukan hal mustahil di sini. Temen temen gue di sini rata rata pake jasa asisten rumah tangga yang sering dipanggil ‘bibik’.

Gaji buat mereka juga gak mahal mahal banget loh. Makanya banyak yang menggunakan jasa para bibik ini :).

Gue sih, so far, kalo beres beres rumah masih sanggup lah sendiri. Pokoknya musuh gw dapur doang maaahhhh. Kalo ngepel – nyetrika – nyuci piring – gosok gosok kamar mandi gue doyan!

3. Nyetir keluar kota pun bisa jadi hobi tersendiri. Selain harga bensin di sini yang emang super duper murah, struktur jalanan pun dibuat sangatttttt nyaman.

Jarang banget ye ada belok beloknya hehehehe. Luruuuuuss aja tuh jalanan antar kota nya. Mana jalannya gede gede dan muluuus :D.

Pantesan si Papah betah banget nyetir nya dan selalu cerewet maksa maksa kita keluar kota saban weekend ^_^.

4. Kebersihan kotanya minus ah :(, 11-12 ama Jakarta :(. Beda banget ama Tehran yang ampun-ampunan bersihnya.

Mungkin karena di sini tuh banyak tunawisma (yang didominasi oleh pendatang berkulit hitam). Kalo di Tehran kan enggak pernah nemu tunawisma.

5. Nyaris enggak ada kendaraan umum. Ke mana-mana harus naik taksi kalo enggak punya mobil sendiri. Kendaraan umum nya pun amit-amit banget lah keadaannya dan sangat-sangat terbatas :(.

Untungnya buat ibu ibu yang mau pengajian pas suami lagi enggak ada bisa ‘aman’ lah pake taksi taksi supir Indonesia ;).

6. Gag ada bioskop! Nasib huhuhu. Padahal udah berbulan bulan nungguin Harry Potter finale nih :(.

7. Kota Jeddah ini berhamburan mal kayak di Jakarta, miskin taman enggak kayak di Tehran. Ini apa sih dari tadi bandingin ama Tehran melulu. Gue kangen Tehran! huhuhu, gue kan enggak doyan nge-mal.

8. Cuacanya sama lah kaya Jakarta, cuma di Jeddah enggak selembab Jakarta. Jadi biarpun rasanya panasnya lebih dahsyat (bisa ampe 45 dercel kalu musim panas di siang hari) tapi enggak gampang keringetan.

9. Jadi seneng maen ke IKEA, kapan IKEA masuk indo neh? :D. Biarpun sangat tidak doyan belanja, tapi gw seneng banget liat liat di sana sekalian nongkrong di kantinnya yg super keren dan murah, hahahaha teuteeeeeep :p.

10. Pemandangan padang pasir itu somehow terasa indah juga yaaaa :). Kalo ke luar kota, ngelewatin hamparan padang pasir warna coklat berbukit bukit gitu plus unta unta yang lagi mejeng tentunya hehehe. Masya Allah <3.

11. Sekolah di sini gimana? mungkin karena Jeddah itu jangan jangan 50% kali pendatangnya jadi sekolah internasional bertebaran di mana-mana. Tapi overall, mutu pendidikan di sini katanya sih agak kurang.

Jadi banyak temen temen gue yang kalo masih di Saudi, udah siap siap ngirim anaknya balik ke Indo kalo dah SMP ato SMU gitu. Gw juga lum tanya tanya lebih jauh sih. Hadeeehhh, kayak yang mau berapa tahun aja di Saudi hahaha.

12. Pelayanan umumnya boooo…. parah abis!!

Mungkin karena gue asalnya dari Indonesia, biasa dilayani super ramah. Baru nyadar dah pas di sini. Misalnya aja ke rumah sakit, ribeeeet banget, adminnya lelet lelet, males males an, ogah ogah an.

Suster susternya juga cuek cuek dan yahhhh….bikin gondok sumpah. Tapi lama lama jadi biasa juga. Soalnya makin dipikirin makin mumet gue hehehe.

13. Suami gue puas banget to the max lah ngecek tabungan tiap bulan hahaha. Iya sih, biaya hidup di Saudi ini terkenal paling murah diantara negara negara arab lainnya seperti : Uni Emirat, Qatar, Iran dst.

Tapi lucky him, salarynya bahkan jauh lebih gede daripada offer dari Montreal kemaren. 

Hm … palagi ya? Nanti kalo inget lagi, posting lagi deh. Tunggu rekapan 6 bulannya hehehe.

Secara umum, kalo dipikir pikir emang cocok lah gue sekarang nangkringnya di Jeddah bukan di Montreal.

Bayangin aje kalau di Montreal sembari hamil muda kemaren, bisa mati berdiri kaleeee apa apa mesti masak sendiri. Enggak kayak di Jeddah, soal kuliner persis plek plek kaya di Indonesia dengan harga yang cukup bersahabat.

Gue yakin kalu di Montreal, bakal jungkir balik gw nyari warung sate kambing, di mana penjualnya kudu orang Madura asli! Hahaha.

Atau bisa mesen nasi kuning, pempek, sesuka hati tanpa perlu repot repot masak hehehe.

Tapi cuma berlaku pas lagi hamil sih, rasanya kalau suasana normal, gw tetep pengeeeen banget tinggal di Montreal :D.

Mana kemaren suami gw ditawarin lagi ke sana huhuhu :(. Tapi memang sikon sekarang belum memungkinkan untuk ngesot ke tempat lain.

Yeah, we’ll see…. kemana angin berhembus membawa kita sekeluarga lagi hehehe. Eropa mah  maunya :p. Aamiin (yang kenceng). 

2 comments
  1. duh kayaknya nikmat banget ya mbak..maklum belum pernah menetap di negeri orang hehe..btw emang nggak bahaya tuh perempuan di sana nyetir or naik taksi sendiri? maklum kebanyakan denger cerita horor dari negeri arab nih kita hehe..

  2. Engga sih mba, kalu udah disini sih kog kayanya gag se-seram cerita orang2 yah hehehehe… naik taksi kalo gag ama suami sih, pake supir taksi orang Indonesia mba itu pun supirnya udah referensi dari temen2 yang dah lama disini juga :D…. Insha allah aman

Comments are closed.