Proses Melahirkan Normal Anak Pertama

Kontrol tanggal 21 Juni 2008, hasilnya adalah bukaan 1! Yaaayyy, makin dekat ke cita-cita untuk proses melahirkan normal anak pertama ini.

Sempet deg-degan takut udah harus lahiran hari itu juga. Udah didamba-dambakan banget :D.
Tapi kog rasanya gag ada tanda2 apa ya, gag mules, yah
paling mules2 dikit yang masih cemen gitu lah hehehe.

Ternyata sepanjang 1 minggu abis itu, emang gag ada apa-apa!
Sekali dua kali terasa mules, tapi mules biasa malah bisa
dibawa jalan-jalan.
Jadinya gw mengisi waktu dengan meningkatkan frekuensi senam
hamil + jalan-jalan pagi dan sore katanya biar bukaan lancar.

Kontrol tanggal 28 juni, seminggu kemudian nya nih, tadaaaa…
udah bukaan 2-3! dokter insist buat di CTG lagi dan yakin
sudah ada kontraksi.

 

Memang sih sudah ada kontraksi dari hasil CTG nya tapi gw
lum pengen dirawat, grogi ah lama-lama di RS lagian lum kerasa apa-apa
hehehe. Jadinya cabut dulu dan jam 3 sore disuruh balik
lagi untuk cek bukaan.

Terus ngajakin si papah maem sate bu yanti favorit kita itu ho ho ho.
Gw dah feeling pasti lahiran hari itu juga tapi juga nunggu-nunggu
datengnya kontraksi.

Abis maem sate pulang ke rumah. Shalat dzuhur dulu, en mandi dulu.
Karena perlengkapan buat ke RS dah beres, jadinya abis mandi foto-foto aja
plus baring-baring sebentar buat nyimpen tenaga.
Baru deh mulai terasa ada kontraksi kecil-kecilan, tapi masih bisa ditahan
dan masih bisa nyengir pas difoto :D.

Terussss…jam 3 cabut deh ke RS, kira2 jam 3.15 nyampe, maklum la yaow RS nya deket banget bouw dari rumah ;p.

Jam 15.30 : cek bukaan lagi… udah bukaan 3 sempurna!
Susternya bilang ya udah kalau mau jalan-jalan gag papa, tapi jam 19.00
dah harus balik ke RS. Tapi gw udah ogah-ogahan. Kontraksinya dah mule
menggigit.

Jam 16.00 : Walah…ini toh yang namanya kontraksi asli! Bener-bener kaya
nyeri mens tapi dikali 10! Hahaha. Sakit abessss! Pas lagi
kontraksi gw cepet-cepet bernapas panjang ala senam hamil dan konsentrasikan
pikiran ala hypnobirthing and they really help!! 🙂

Jam 18.30 : Cek bukaan lagi, udah bukaan 4! Dan kontraksinya juga
makin mak nyusss. Duh, gag sia-sia deh latihan relaksasi pake CD gratisannya
Bu Lanny selama ini hehehe. Alhamdulillah, gw melewati setiap kontraksi
dengan tenang dan bernapas panjang. Si papah gw suruh jauh-jauh malah.
Kena semprot mulu deket gw ho ho ho.

Jam 20.00 : Bukaan 6! makin konsen hypnobirthing soalnya jeda kontraksinya
juga makin gila-gilaan.

Jam 21.00 : Digiring ke ruang partus! Gw masih bisa ngontrol diri nih,
gag pake teriak-teriak gag pake ngeluh-ngeluh tapi tetep si papah gw suruh jauh-jauh
mulu, abisnya gw lebih tenang kalu sendiri. Udah bukaan 7-8!

Jam 21.30 : Duh, dokternya manaaaaa… Rasa pengen ngeden makin gag tertahankan!
Pertahanan gw dah mule jebooollll, tapi masih bisa ditahan dan sukses bernapas panjang
biar gag ngeden dulu, ngeri aje gw kalu jalan lahir mpe bengkak dan katanya
jadi makin sulit lahiran!

Jam 22.00 : Tuhaaan…gag tahaaaan… Akhirnya gw ngeden dikit-dikit. Tapi gw
curiga berat pembukaan gw dah lengkap, tapi si ibu bidan emang cool abis.
Gag tpengaruh tuh ama kondisi gw, tetep aja suruh nahan-nahan rasa ngeden.

Jam 22.10 : Dokter dateng! Thank god! Tanpa ba bi bu, gw disuru telentang
pasang posisi buat lahiran dan langsung disuru ngeden!
Tuh kan, gw mang dah curiga gw udah bukaan lengkap, soalnya
gag pake periksa dalam lagi langsung disuruh beraksi.
Rada kaget pas tau-tau ada semacam air mancur gitu. Ternyata
ketubannya baru dipecahin. Oalah heheh.

Jam 22.15 : Biarpun gw ngedennya sempet salah, alhamdulillah proses
lahirannya super lancar. Tau-tau aja si kakak lahir dong bouw,
gw gag ngerasain apa pun loh, saking udah gag tahannya nahan
kontraksi kali.

Pas dibilang “stop ngedennya bu, dedek nya dah lahir!”
instead of merasa senang gw merasa lega bangettt dan sempet gag tlalu
peduli ama si bayi mungil yg langsung nangis kenceng even sebelum tali
pusat nya dipotong ama si papah :D. Alhamdulillah, alhamdulillah…
Gag nyangka rasanya enak banget pas udah lahiran, ari-ari dan plasenta dikeluarin
gw dah gag rasa apa-apa.

Jam 22.20 : Langsung IMD dong! si kakak ditaru di atas dada gw dan ngerangkak
nyari2 kendi nya hehehe. Lucuuuuu banget. Warna merah muda, mata bengkak-bengkak
gitu. Lama juga loh IMD nya sekitar 45 menit.

Hmmmm…betul kata orang-orang. Memang pas kontraksi alamakkk rasanya tak terkira,
tapi begitu si bayi keluar, otomatis aja semua rasa sakitnya hilang tak berbekas!
Suer!!! gw juga bingung kenapa bisa begitu hehehe.

Proses melahirkan normal anak pertama
Ganteng kan si Kakak 😀

Dan gw bersyukur menurut dokter, untuk ukuran anak pertama, gw termasuk
lancar. Gw jadi inget beberapa temen gw ada yang sampe 18 jam atau 20 jam
nahan kontraksi sampe akhirnya partus. Waaah, gw nahan sakitnya cuma sekitar
6 jam. Lumayan banget kan :).

Demikian deh pengalaman proses melahirkan normal anak pertama gue. Alhamdulillah obsesi melahirkan normal-spontan terwujud
dengan sukses :). Obsesi selanjutnya menanti, ASI ekslusif 6 bulan!
Bismillah…

 

2 comments
  1. themamah said: Pertahanan gw dah mule jebooollll, tapi masih bisa ditahan dan sukses bernapas panjangbiar gag ngeden dulu, ngeri aje gw kalu jalan lahir mpe bengkak dan katanyajadi makin sulit lahiran!

    wew.. emang klo ngedennya kecepetan, bisa bengkak jalan lahirnya?

  2. Iya Nit, katanya begitu. Makanya salah satu fase sulit (kalau lahiran normal) ya itu. Nahan2 ngeden sebelum bukaan sempurna hehehehehehe….

Comments are closed.